-->

Daun Gatal Mimika Diminati Pengunjung Penas XVI Padang

Daun Gatal Mimika Diminati Pengunjung Penas XVI Padang

PADANG, LELEMUKU.COM - Pelaksanaan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XVI tahun 2023 di kota Padang, Sumatera Barat, yang berlangsung selama kurang lebih lima hari, menghadirkan pameran komoditi dan produk UMKM unggulan dari setiap provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia.

Kabupaten Mimika yang mewakili Provinsi Papua Tengah, mengikuti ajang temu petani dan nelayan ini dengan menampilkan komoditi dan produk unggulan Mimika berupa, buah merah Awiet, kopi Amuro, kopi Amugme Gold, noken, kerupuk tambelo, produk kulit buaya, tepung sagu, dan minyak urut daun gatal. Selain itu produk perikanan yang dibawa dalam Penas kali ini diantaranya, kepiting bakau (karaka), udang tiger, udang banana, abon ikan dan kepiting.

Selama dua hari pelaksanaan Penas, sejak dibuka oleh Menko Perekonomian pada Sabtu (10/06/2023), stand pameran kontingen Kabupaten Mimika menjadi salah satu stand yang banyak mendapat kunjungan dari para pengunjung. Yang menjadi pusat perhatian bagi pengunjung pameran adalah hadirnya petugas penjaga stand pameran yang menggunakan pakaian adat asal Mimika. 

Kopi, minyak buah merah, produk kulit buaya dan noken, menjadi produk yang banyak diminati pengunjung pameran, dan yang lebih menarik perhatian pengunjung yaitu adanya daun gatal yang juga dipamerkan. Banyak pengunjung yang penasaran dengan khasiat dan manfaat dari daun gatal ini, sehingga beberapa pengunjung mencoba merasakan efek dari daun gatal tersebut. Tidak hanya membeli daunnya saja, bahkan ada pengunjung yang meminta diberikan bibit untuk ditanam di daerahnya.

Pj. Bupati Aceh Barat, Drs. Mahdi Efendi berserta ibu, menjadi pengunjung yang tertarik akan khasiat daun gatal asal Mimika.

Selain pameran komoditi dan produk unggulan, Penas kali ini juga menghadirkan stand-stand yang memamerkan beraneka macam alat teknologi pertanian dan perikanan. (DiskominfoMimika)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel