-->

Angkatan Laut AS Rilis Video Baru Menunjukan Kapal Perang China Lewat dalam Jarak Dekat


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Angkatan Laut Amerika Serikat merilis video baru yang menunjukkan kapal perang China lewat dalam jarak 137 meter dari kapal perusaknya di Selat Taiwan. Pejabat-pejabat militer AS menilai tindakan tersebut sebagai "cara yang tidak aman."

Angkatan Laut Amerika Serikat dan Kanada pada Sabtu (3/6) sedang melakukan latihan bersama di selat yang memisahkan pulau Taiwan dan China, ketika kapal China memotong di depan Chung-Hoon sehingga memaksa kapal perusak berpeluru kendali AS tersebut melambat untuk menghindari tabrakan, kata Komando Indo-Pasifik Amerika dalam pernyataan.

Republik Rakyat China telah mengklaim Taiwan, pulau yang memiliki pemerintahannya sendiri, sebagai bagian dari wilayahnya sejak pihak pemerintah Republik China yang kalah melarikan diri ke pulau itu pada 1949 setelah kalah dalam perang saudara melawan pemerintahan komunis Mao Zedong. Pemerintah Taiwan mengatakan bahwa China tidak pernah menguasai pulau tersebut dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan bahwa AS akan membela Taiwan jika China menginvasi pulau tersebut.

Militer China menegur AS dan Kanada karena "sengaja memprovokasi risiko" setelah angkatan laut kedua negara itu melakukan pelayaran bersama yang jarang terjadi melintasi wilayah Selat Taiwan yang sensitif. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel