-->

Pemilu Thailand, Warga Diprediksi Tolak Partai Pendukung Junta Militer


BANGKOK, LELEMUKU.COM - Warga akan memberikan suara pada Minggu 14 Mei 2023 dalam pemilu Thailand yang diperkirakan akan menjatuhkan mantan pemimpin kudeta Perdana Menteri Prayuth Chan-O-Cha. Oposisi yang dipimpin oleh putri miliarder Thaksin Shinawatra yang diasingkan diperkirakan akan memenangkan kursi terbanyak dalam pemilu mendatang.

Dilansir Barrons pada Rabu 10 Mei 2023, jajak pendapat menunjukkan para pemilih akan mencabut mandate dari pemerintahan yang didukung militer selama hampir satu dekade. Selama berkuasa, Thailand mengalami stagnasi ekonomi dan apa yang dikatakan kelompok hak asasi manusia sebagai tindakan keras yang mengkhawatirkan terhadap kebebasan dasar.

Pemilihan tersebut adalah yang pertama sejak protes pro-demokrasi yang dipimpin kaum muda membalikkan politik Thailand hampir tiga tahun lalu, dengan seruan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk reformasi kekuasaan Raja Maha Vajiralongkorn yang sangat kaya.
 sandi-desktop

Pemimpin jajak pendapat adalah partai Pheu Thai yang digawangi oleh Paetongtarn Shinawatra, 36 tahun, putri bungsu mantan PM Thaksin, yang digulingkan dalam kudeta pada 2006.

Namun, konstitusi yang ditulis junta memberikan wewenang pada Senat, yang dipilih sendiri oleh militer, keputusan utama dalam memilih perdana menteri. Hal ini berpotensi menghalangi Pheu Thai menuju kekuasaan.

Mantan panglima militer Prayut merebut kekuasaan dalam kudeta 2014, menggulingkan bibi Paetongtarn, Yingluck. Ia kemudian menjadi perdana menteri di kepala koalisi multi-partai yang kompleks setelah pemilu 2019 yang kontroversial.

Pria berusia 69 tahun itu telah menempatkan dirinya sebagai kandidat dengan pengalaman yang dibutuhkan untuk pekerjaan itu, tetapi sangat tertinggal dalam jajak pendapat. Prayuth dipersalahkan atas ekonomi yang tersendat dan pemulihan yang lemah dari pandemi COVID-19, yang menghancurkan sektor pariwisata penting kerajaan itu.

“Lihatlah negara kami – apakah menurut Anda ekonomi kami baik setelah empat tahun?” kata Wan Sirichai, seorang pegawai, 50 tahun, di Bangkok.

“Mereka tidak menggunakan orang-orang berkualitas untuk memerintah negara, tetapi mereka menggunakan nepotisme untuk menguntungkan teman dekat mereka sendiri. Saya hanya ingin orang pintar datang dan mengubah negara.”

Jutaan pemilih bahkan berduyun-duyun menantang panas terik pada Minggu lalu untuk memberikan suara lebih awal seminggu sebelum hari pemungutan suara utama.

Partisipasi warga dalam pemilu kali ini diprediksi sangat tinggi, bahkan Komisi Pemilihan Thailand menempatkan jumlah pemilih sebesar 90 persen. Analis mengatakan jumlah pemilih awal yang tinggi menunjukkan keinginan kuat untuk perubahan di antara total 52 juta pemilih.

Pemilihan tersebut menunjukkan oposisi kaum muda terhadap pendirian konservatif royalis-militer Bangkok yang diwakili oleh partai United Thai Nation pimpinan Prayut dan Partai Palang Pracharath, yang memimpin koalisi pemerintahan yang keluar.

Di bawah pemerintahan Prayut, penuntutan lese majeste telah meroket, berkontribusi pada apa yang Human Rights Watch sebut sebagai “suasana ketakutan” seputar pemilu.

Lebih dari 200 orang menghadapi tuduhan pencemaran nama baik kerajaan setelah protes jalanan pada 2020, termasuk seruan untuk mengubah monarki yang sebelumnya tak tersentuh.

Dengan utang rumah tangga yang tinggi dan pertumbuhan yang lemah, banyak kampanye yang berfokus pada ekonomi Thailand, yang merupakan ekonomi terbesar kedua di Asia Tenggara.

Namun, ada sedikit hal baru yang ditawarkan dalam hal kebijakan, dengan sebagian besar pihak terlibat dalam perang penawaran terhadap janji kesejahteraan populis.

Pheu Thai telah berjanji untuk memberikan 10.000 baht dalam dompet digital kepada setiap warga negara yang berusia di atas 16 tahun. Sementara yang lain telah berjanji untuk menaikkan upah minimum dan memberikan hibah tunai kepada petani.

Pheu Thai dan partai sebelumnya telah memenangkan kursi terbanyak di setiap pemilihan sejak 2001, tetapi dua PM disingkirkan melalui kudeta dan dua oleh perintah pengadilan.

Paetongtarn telah mendesak para pemilih untuk memberikan kemenangan telak untuk mencegah Senat yang ditunjuk militer menghalangi jalan partai menuju jabatan puncak. Dengan kemungkinan 250 senator pilihan junta akan memberikan suara melawan kandidat Pheu Thai, partai perlu mengamankan 376 dari 500 anggota parlemen.

Kuda hitam dalam pemilihan kali ini adalah Partai Maju (MFP) yang radikal, saingan terdekat Pheu Thai dalam jajak pendapat. Partai ini mendapatkan dukungan dari kaum muda yang tidak puas dengan partai lama dan yang turun ke jalan pada 2020.

MFP bangkit dari abu Future Forward Party, yang mengejutkan kerajaan dengan menempati posisi ketiga dalam pemilu 2019, sebelum dibubarkan atas perintah pengadilan.

Aliansi Pheu Thai dengan MFP radikal dapat meningkatkan risiko lebih banyak intervensi militer di negara yang telah mengalami selusin kudeta sejak berakhirnya monarki absolut pada 1932.

Analis politik Siripan Nogsuan Sawasdee dari Universitas Chulalongkorn mengatakan bahwa terlepas dari pernyataan Pheu Thai yang bertentangan, hubungan dengan salah satu partai sekutu militer tampaknya lebih realistis.

“Kita mungkin akan melihat mereka bercampur dengan beberapa partai dari sisi pemerintahan lama dengan alasan kompromi dan stabilitas,” katanya. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel