-->

Otoritas Arab Saudi Menyita Total 16,9 Juta Tablet Narkotika


RIYADH, LELEMUKU.COM - Otoritas Arab Saudi menyita 16.9 juta narkotika jenis amphetamine dan pil Captagon. Tangkapan itu buah dari kampanye anti-narkoba selama lima hari.

Media di Arab Saudi Saudi Gazette mewartakan pada Minggu, 30 April 2023, kampanye anti-narkoba dilakukan antara 25 April dan 29 April 2023. Segera setelah Idul Fitri, kampanye anti-narkoba pun dilancarkan di sejumlah wilayah dan pemerintahan dipenjuru Kerajaan Arab Saudi.

Penggerebekan itu berhasil menyita sekitar 16.9 juta narkotika jenis amphetamine dan pil Captagon dari 17 wilayah. Angka sitaan tersebut, setara lebih dari 3.3 juta tablet narkoba per hari.  

Pada hari pertama kampanye anti-narkoba, otoritas bidang keamanan menggagalkan penyelundupan sekitar 13 juta narkotika jenis tablet amphetamine yang diselundupkan lewat pelabuhan Jeddah Islamic. Selama kampanye ini pula, otoritas Arab Saudi menahan 71 terduga yang terlibat dalam upaya penyelundupan tablet-tablet terlarang.

Otoritas Arab Saudi mengatakan orang-orang yang terlibat dalam perdagangan atau penyelundupan narkoba akan menjalani hukuman sesuai hukum syariah.

Sejak 2016 Arab Saudi sudah melakukan pengawasan ekstra ketat di daerah perbatasan Jazan. Sebab, kawasan ini menjadi pintu gerbang para penyelundup. Arab Saudi juga membentuk proyek nasional untuk pencegahan narkoba (Nibras) guna mendidik publik mengenai bahaya narkoba. Nibras bertugas menyebarluaskan pesan anti-narkoba di sekolah-sekolah dan universitas.

Di antara penyebaran narkoba di Arab Saudi dilakukan melalui jaringan media sosial. Anak-anak muda menggunakan Twitter dan situs media sosial lainnya untuk menjual narkoba. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel