-->

TNI AL Siapkan KRI Banda Aceh Evakuasi Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang


JAKARTA, LELEMUKU.COM - TNI AL ikut berperan dalam aksi cepat tanggap darurat pascabencana kebakaran Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara dengan menyiapkan akomodasi KRI Banda Aceh-593. Dalam kebakaran itu, sejumlah warga harus kehilangan tempat tinggal dan harta bendanya.

Sesuai dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali bahwa di mana pun TNI AL berada maka harus memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar. Hal ini menjadi dasar aksi tanggap darurat yang dilakukan prajurit TNI AL sebagai wujud kepedulian TNI AL terhadap kesulitan yang dialami masyarakat akibat terjadinya bencana.

"Reaksi cepat tersebut merupakan respons TNI AL atas komitmen untuk bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan dan komponen masyarakat membantu serta menyelesaikan permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat," dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Laut, Ahad 5 Maret 2023.

Dalam kesempatan itu, Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksda TNI Yayan Sofiyan langsung memerintahkan jajarannya menyiagakan prajurit dan potensi yang dimiliki, apabila sewaktu-waktu dikerahkan guna membantu mengevakuasi korban, termasuk menyiapkan kendaraan pemadam kebakaran (damkar), tim kesehatan, dan angkutan untuk dikerahkan apabila upaya pemadaman kebakaran diperlukan dan mendata personel TNI AL yang dimungkinkan menjadi korban.

Secara proaktif, Panglima Kolinlamil langsung menghubungi Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim untuk menawarkan bantuan berupa penyiapan fasilitas untuk mengevakuasi warga yang terdampak kebakaran dengan menyiapkan akomodasi di "Tank Deck" KRI Banda Aceh-593 yang saat ini sedang sandar di Dermaga Mako Kolinlamil, Jakarta Utara.

TNI Angkatan Laut dan Dinas Kesehatan Kolinlamil siap membantu mengevakuasi dan penanganan korban kebakaran. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel