-->

Joe Biden Umumkan Pengiriman Kapal Selam Bertenaga Nuklir untuk Australia


LOS ANGELES, LELEMUKU.COM - Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan pemimpin Australia serta Inggris pada hari Senin (13/3) mengumumkan bahwa Australia akan membeli kapal selam serang bertenaga nuklir dari AS untuk memodernisasi armadanya di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang pengaruh China di Indo-Pasifik.

Biden terbang ke San Diego untuk menghadiri pertemuan bersama Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak sementara mereka memuji kemitraan nuklir berusia 18 bulan yang diberi nama AUKUS — untuk Australia, Inggris Raya, dan Amerika Serikat.

Kemitraan tersebut, yang diumumkan pada tahun 2021, memungkinkan Australia untuk membeli kapal selam bertenaga nuklir, yang lebih sulit dideteksi dan lebih mampu daripada kapal bertenaga konvensional, sebagai penyeimbang pembangunan kekuatan militer China.

Biden, yang tampak hati-hati dalam menyikapi ketegangan dengan China dan para pengritik terhadap kesepakatan itu, menekankan bahwa kapal selam itu “bertenaga nuklir, bukan bersenjata nuklir.”

Albanese mengatakan perjanjian itu “merupakan investasi tunggal terbesar dalam kemampuan pertahanan Australia sepanjang sejarah kita.” Dan ini juga merupakan yang pertama kalinya dalam 65 tahun AS berbagi teknologi propulsi nuklirnya, "dan kami berterima kasih untuk itu," katanya.

Dalam pernyataan bersama sebelum menyampaikan pengumuman resmi, ketiga pemimpin itu mengatakan negara mereka telah bekerja selama beberapa dekade untuk mempertahankan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di seluruh dunia, termasuk di Indo-Pasifik. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel