-->

Demo di Prancis Makin Panas, Akses ke Bandara Diblokir


PARIS, LELEMUKU.COM - Pekerja Prancis yang marah pada Presiden Emmanuel Macron karena rencananya menaikkan usia pensiun, memblokir akses ke terminal di bandara utama Paris pada Kamis, 23 Maret 2023, sebagai bagian dari hari protes nasional, sehingga memaksa calon penumpang pesawat berjalan kaki.

Di bandara Roissy-Charles De Gaulle dan di seluruh negeri, tindakan liar oleh sekelompok kecil pengunjuk rasa memblokir jalan, sementara pengunjuk rasa berkumpul dengan spanduk bertuliskan "Tidak untuk reformasi pensiun."

Di dekat Toulouse, di barat daya, kepulan asap terlihat dari tumpukan puing yang terbakar sehingga menghalangi lalu lintas di jalan raya. Serikat pekerja juga memblokir jalur kereta api di stasiun Gare de Lyon Paris, demikian dilaporkan TV BFM.

Jajak pendapat telah lama menunjukkan bahwa mayoritas pemilih menentang penundaan usia pensiun dua tahun menjadi 64 tahun.

Pemilih semakin marah dengan keputusan pemerintah minggu lalu untuk mendorong perubahan pensiun melalui parlemen tanpa pemungutan suara, dan oleh komentar menantang Macron pada hari Rabu.

Presiden, yang selama berminggu-minggu diam terhadap kebijakan baru tersebut, dengan mengatakan dia bertekad menjalankan undang-undang tersebut pada akhir tahun. Ia juga membandingkan protes tersebut dengan penyerbuan Capitol AS pada 6 Januari 2021.

Komentar Macron "meningkatkan kemarahan," kata Laurent Berger, kepala serikat pekerja terbesar Prancis, CFDT yang moderat, kepada BFM.

"Dia yang membakar negara," kata Celine Verzeletti dari serikat pekerja CGT garis keras, kepada France Inter.

Pasokan listrik juga terganggu karena serikat pekerja meningkatkan tekanan pada pemerintah untuk mencabut undang-undang tersebut. Layanan penerbangan akan terus dikurangi pada akhir pekan, kata otoritas penerbangan sipil Prancis.

Protes juga menargetkan depot minyak dan memblokir terminal LNG di kota utara Dunkirk.

Protes terhadap undang-undang baru, yang juga mempercepat rencana peningkatan jumlah tahun seseorang harus bekerja untuk mendapatkan pensiun penuh, telah menarik banyak orang dalam aksi unjuk rasa yang diselenggarakan oleh serikat pekerja sejak Januari.

Sebagian besar protes berlangsung damai, tetapi kemarahan meningkat sejak pemerintah melewati pemungutan suara di majelis rendah parlemen.

Sejak itu, tujuh malam terakhir telah terjadi demonstrasi di Paris dan kota-kota lain dengan membakar tempat sampah.

Gelombang protes terbaru merupakan tantangan paling serius terhadap otoritas presiden sejak pemberontakan "Rompi Kuning" empat tahun lalu.

"Untung orang-orang masih melakukan mobilisasi, dan orang-orang membela keyakinan mereka," kata insinyur berusia 26 tahun Jean Walter di stasiun kereta Paris Saint-Lazare, tempat banyak kereta dibatalkan.

"Saya mendukung pemogokan, meskipun akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk pergi bekerja hari ini."

Macron mengatakan pada hari Rabu bahwa dia telah menugaskan perdana menterinya, Elisabeth Borne, untuk mencari lebih banyak dukungan bagi pemerintah. Dia mengatakan, ingin lebih melibatkan serikat pekerja dalam perubahan kebijakan yang akan datang tentang masalah-masalah termasuk sekolah, kesehatan atau lingkungan.

Menteri Tenaga Kerja Olivier Dussopt mengatakan pemerintah tidak menyangkal ketegangan tersebut tetapi ingin melanjutkan.

“Ada banyak hal yang memungkinkan untuk memperbaharui dialog,” katanya, termasuk bagaimana perusahaan membagi keuntungan mereka dengan para pekerja. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel