-->

Bappeda Mimika Gelar Forum Kemitraan Multi Stakeholder TPB/SDGs Tahun 2023

Bappeda Mimika Gelar Forum Kemitraan Multi Stakeholder TPB/SDGs Tahun 2023

MIMIKA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyelenggarakan Forum Kemitraan Multi-Stakeholder Tujuan Pembangunan Berkelanjutan / Sustainable Development Goals (TPB / SDGs) Tahun 2023, pada Rabu, 8 Maret 2023, di Timika.

Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan, Ir. Ignatius Eddy Santoso, M.Si., yang hadir membacakan sambutan Plt Bupati Mimika mengatakan, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan / Sustainable Development Goals (TPB / SDGs) merupakan Komitmen Global dan Nasional.

"Hal ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah kemiskinan dan pangan, perbaikan kualitas pertumbuhan ekonomi dan pelayanan dasar, kesenjangan antar daerah, kelompok pendapatan, gender, akses terhadap keadilan, perbaikan kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang inklusif," ungkapnya.

Ia menyebutkan bahwa tujuan ini harus dilengkapi dengan cara pelaksanaan yang partisipatif, dan Pemkab Mimika memiliki komitmen untuk melaksanakan pembangunan guna pencapaian tujuan TPB/SDGs.

"Wujud dari komitmen tersebut diawali dengan diterbitkannya Surat Keputusan (SK) Bupati Mimika Nomor 205 Tahun 2021 tanggal 10 Juni 2021 tentang pembentukan Tim Koordinasi Daerah Pelaksanaan TPB/SDGs Kabupaten Mimika tahun 2020 - 2024," jelas Ignatius.

Lanjutnya, "Pemkab Mimika telah menyelesaikan penyusunan Rencana Aksi Daerah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (RAD-TPB) Kabupaten Mimika periode 2020 - 2024."

Dalam proses penyusunan RAD-TPB, Pemkab Mimika mengajak peran serta dari para pelaku non pemerintah, dunia usaha, maupun sektor lainnya, dimana pelibatan pelaku non pemerintah juga sejalan dengan prinsip "No One Left Behind" atau tidak ada satu pihak yang tertinggal.

"Salah satu prinsip utama pelaksanaan TPB/SDGs adalah kemitraan yang inklusif, yang menggaris bawahi pentingnya kolaborasi dan partisipasi aktif dari seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah, organisasi masyarakat sipil, akademi, pelaku usaha, media, dan filontropi dalam pelaksanaan TPB/SDGs," ujar Ignatius.

Dalam penyelenggaraan Forum Kemitraan ini menampilkan pula program TPB/SDGs yang telah dilakukan oleh pemerintah dan pihak swasta sebagai suatu wahana (platform) dialog di Kabupaten Mimika.

"Terima kasih kepada para pelaku pembangunan non pemerintah yang sudah bekerjasama, dan mempunyai komitmen untuk ikut serta dalam pencapaian TPB/SDGs di Kabupaten Mimika ke depan," pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan atau perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai unsur pemerintah, PT. Freeport Indonesia, organisasi masyarakat sipil, juga lembaga pendidikan dan penelitian. (DiskominfoMimika)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel