-->

Gempa Bumi M3.0 Dirasakan pada 8 Maret 2023 di Jayapura

Gempa Bumi M3.0 Dirasakan pada 8 Maret 2023 di Jayapura

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Kepala Balai Besar MKG Wilayah V, Yustus Rumakiek, S.Si mengatakan Hari Rabu, 8 Maret 2023 pukul 19:55:50 WIT wilayah Kota Jayapura diguncang gempa bumi tektonik.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi memiliki parameter kekuatan M3.0. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.51° LS dan 140.67° BT, pada jarak 6 km BaratLaut KOTA-JAYAPURA-PAPUA. Berlokasi di darat dengan kedalaman 5 km,” kata dia.

Rumakiek menjelasakan dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter dan mekanisme patahan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Kota Jayapura.

Gempa bumi dirasakan oleh masyarakat di daerah Kota Jayapura dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, sejak 2 Januari 2023 hingga Rabu, 8 Maret 2023 20.05 WIT telah terjadi gempa bumi di wilayah sekitar Kota Jayapura sebanyak *1389* kali dengan *212* kejadian diantaranya dirasakan oleh masyarakat.

Ia menyarankan masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” saran Rumakiek. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel