-->

Jokowi Bertemu Pengurus Baru PSSI di Istana


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi pagi ini akan menggelar pertemuan dengan pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Dari Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua Umum, hingga Para Exco.

"Presiden akan memberikan arahan," kata Wakil Ketua Umum PSSI yang juga Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di Istana Negara, Jakarta, Senin, 20 Februari 2023.

Sebelumnya, Kongres Luar Biasa PSSI telah memutuskan Erick jadi Ketua Umum PSSI. Zainudin jadi Wakil Ketua bersama Ratu Tisha.

Setelah mendaftarkan diri sebagai calon Wakil Ketua Umum PSSI, Amali menegaskan bahwa dirinya telah mempertimbangkan dengan matang saat maju bursa pemilihan. Dia pun meminta izin ke Jokowi ketika maju.

Jika nanti terpilih, Amali bakal melapor lagi ke Jokowi. Dia bahkan mengaku siap mundur dari jabatannya sebagai menteri bila hal itu harus dilakukan demi bisa menjadi bagian dari pengurus PSSI.

Amali menyadari, jika dia terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI, akan muncul conflict of interest dan itu akan menjadi pertimbangan langkah dia berikutnya.

"Memang tak ada kewajiban untuk harus mundur. Tapi secara etika saya menteri yang urus banyak cabor (cabang olahraga). Sekarang harus urus satu. Meski saya yakin bisa, tapi itu tak etis," kata Menpora saat dihubungi Tempo pada Jumat, 10 Februari 2023.

Ditanya kembali perihal rencana mundur ini, Amali menyebut dirinya harus melapor ke Jokowi sebagai pembantu presiden. Amali menyebut dirinya tak bisa memutuskan sendiri, sekalipun ada keinginan.

"Kalau toh itu menjadi keinginan, tapi etikanya sebagai pembantu presiden harus lapor dulu kepada presiden, kami KLB, kemudian kebijakan beliau seperti apa," kata politikus Golkar ini.

Sementara, Jokowi tidak mempersoalkan dua anak buahnya, Menteri BUMN Erick Thohir serta Amali rangkap jabatan sebagai menteri dan juga pengurus PSSI. Sebab, Jokowi sudah mengizinkan menteri lainnya rangkap jabatan.

"Yang paling penting, semuanya bisa mengatur waktunya," kata Jokowi saat menghadiri Harlah 50 Tahun Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di ICE BSD, Banten, Jumat, 17 Februari 2023. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel