-->

Xi Jinping Sebut Hubungan China dan Australia di Jalan yang Benar


CANBERRA, LELEMUKU.COM - Presiden Xi Jinping mengatakan bahwa hubungan China dengan Australia bergerak ke arah yang benar. Ini menjadi tanda terbaru dari peningkatan hubungan kedua negara, yang masing-masing merupakan mitra dagang utama.

Xi menyampaikan pernyataannya dalam pesan ucapan selamat untuk Hari Australia kepada Gubernur Jenderal Australia David Hurley, seperti dilaporkan kantor berita China Xinhua.

"Australia dan China telah meninjau masa lalu dan melihat ke masa depan, melakukan upaya aktif ke arah yang benar untuk meningkatkan dan menumbuhkan hubungan China-Australia," kata Xi pada Kamis, 26 Januari 2023.

Hubungan China dan Australia sudah menegang selama tiga tahun ini disebabkan oleh berbagai masalah termasuk perdagangan. Baru-baru ini muncul tanda-tanda bahwa hubungan mereka menghangat.

China memberlakukan larangan tidak resmi pada produk Australia dari batu bara hingga anggur pada 2020. Beijing memberlakukan kebijakan itu setelah Australia menyerukan penyelidikan tentang asal-usul Covid-19 dan memberlakukan larangan jaringan 5G pada raksasa telekomunikasi China, Huawei.

Menteri perdagangan mereka belum pernah bertemu sejak saat itu. Akan tetapi Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong bertemu dengan mitranya dari China, Wang Yi pada bulan lalu. Itu merupakan lawatan pertama ke Beijing oleh seorang menteri Australia sejak 2019.

Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese di sela-sela KTT G20 di Indonesia pada November 2022. Itu menandakan dimulainya pencairan hubungan diplomatik.

Pada Januari, China memberikan izin kepada perusahaan terpilih untuk melanjutkan impor batubara Australia.

Pekan lalu, Xinhua melaporkan, tanpa memberikan rincian, bahwa Menteri Perdagangan China Wang Wentao akan bertemu dengan mitranya dari Australia, Don Farrell, melalui video "dalam waktu dekat". (Tempo)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel