-->

BMKG Sebut Pulau Baru Muncul Pasca Gempa M7,5 di Tanimbar Wajar

BMKG Sebut Pulau Baru Muncul Pascagempa M7,5 di Tanimbar Wajar

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Bidang Mitigasi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofikan (BMKG), Daryono menyebutkan kemunculan pulau baru pasca gempa M7,5 di Desa Teineman, Kecamatan Wuar Labobar, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku adalah fenomena biasa dalam dinamika tektonik.

Ia mengatakan kemunculan daratan yang membentuk pulau baru tersebut dihasilkan dari gunung lumpur, semburan lumpur, pasir, dan air dari dasar laut yang diakibatkan gempa bumi  yang berpusat di Pulau Banda dengan kedalaman 130 kilometer pada Selasa, 10 Januari 2023, pukul 02.47.34 WIT.

Daryono meminta warga di Tanimbar agar jangan panik dan tidak mempercayai informasi bohong yang beredar, tetapi tetap waspada walau peringatan dini tsunami telah dinyatakan berakhir.

“Hal yang wajar dan biasa dalam dinamika tektonik,” ujar dia kepada Lelemuku.com pada Selasa, 10 Januari 2023.

Kepala Desa Teineman, Boni Kelmaskosu mengatakan munculnya pulau kecil di dekat pantai desa itu membuat warga khawatir. Ia pun telah meminta seluruh warga desa untuk mengungsi di tempat yang lebih aman.

“Muncul dari bawah laut, dan terbentuk dari lumpur akibat gempa,” sebut dia.

Sementara itu terkait fenomena kemunculan pulau baru setelah gempa di Maluku karena gempa bumi itu merupakan jenis gempa dengan model thrusting atau patahan naik dari subduksi laut Banda yang menyebabkan kenaikan atau uplift dan juga bisa penurunan atau subsidens di sisi yang lain. (Laura Sobuber)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel