-->

Pidato Pengantar Nota Keuangan Didimus Yahuli di Yahukimo

Pidato Pengantar Nota Keuangan Didimus Yahuli di Yahukimo

DEKAI, LELEMUKU.COM - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan Tahun Anggaran 2023 disusun dalam rangka terselenggaranya penyusunan laporan keuangan yang memenuhi asas tertib, transparansi, akuntabilitas, konsistensi dan mudah dipahami.


Bupati Yahukimo Didimus Yahuli mengatakan Penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) maupun Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) merupakan hal yang penting di mana KUA dan PPAS, akan menjadi pedoman dalam penyusunan rancangan APBD.

KUA adalah dokumen yang memuat kebijakan bidang pendapatan, belanja, dan pembiayaan serta asumsi yang mendasarinya untuk periode 1 (satu) tahun.


Pendapatan transfer pemerintah pusat sebesarnsebesar  Rp2.019.883.522.000,- (dua trilyun sembilan belas milyar delapan ratus delapan puluh tiga juta lima ratus dua puluh dua ribu rupiah)


"Materi yang disampaikan kali ini merupakan wujud keseriusan dan kesadaran bahwa memang ternyata masih banyak hal yang harus dan terus dilakukan di daerah ini untuk mewujudkan visi dan misi kabupaten yahukimo," ungkap Yahuli.


Ia pun atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yahukimo mengucapkan selamat tahun baru 2023 dan berharap semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk-Nya dalam pembangunan Yahukimo yang bangkit, mandiri, dan sejahtera yang kita cintai ini.

"Tuhan memberkati kita semua," ujar dia.

Selanjutnya Ketua DPRD Yahukumo, Yosias Mirin menuturkan adanya keterlambatan penetapan APBD Tahun 2023 karena ada beberapa masalah yang terjadi yaitu APBD dari sumber Dana Alokasi Umum  (DAU) itu ada yang diarahkan dan ada yang tidak dan itu ditentukan oleh pemerintah pusat.

Penyaluran DIPA di Yahukimo

Bupati Yahukimo Didimus Yahuli menyampaikan DIPA yang diterima dari Provinsi Papua Pegunungan lebih besar dari kabupaten lain tetapi terbagi sesuai pengelompokan belanja dan kebutuhan yang ada di Yahukimo.

Menurutnya nilai itu masih kurang, karena sumber dana alokasi umum dan sumber dana otonomi khusus terbagi yaitu sumber dana otonomi khusus terbagi dua block grend dan spcik grend sebentara dana alokasi umum di bagi dua juga yaitu dana alokasi umum yang diarahkan dan tidak diarahkan  makan belanjanya pun ikut menyesuaikan.


Ddimus juga menyampaikan tahun 2023 depan insentif pegawai naik 10% dan sudah dianggarkan BPJS 10 miliar dan bantuan studi atau beasiswa tahun 2023 dianggarkan 10 miliar.

"Mahasiswa kami tidak akan melayani melalui koordinator wilayah tetapi melalui rekening mahasiswa yang bersangkutan sesuai data dari kampus mereka kuliah," ungkap Yahuli.

Selain itu, pemerintah telah anggarkan juga melalui Anggaran Dana Desa (ADD) untuk pendidikan, kesehatan dan anggaran dana desa.

Yahukimo saat ini memiliki 51 distrik 118 kampung  dan 1 kelurahan, dimana anggaran dana desa banyak terserap disana dengan hati yang tenang dan damai sesuai moto Kabupaten Yahukimo, yaitu Damai Sejahtera. (olemah)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel