-->

Joe Biden Calonkan Lynne Tracy Jadi Duta Besar Amerika untuk Rusia


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Rabu, 30 November 2022 mengajukan pencalonan Lynne Tracy sebagai Duta Besar Amerika untuk Rusia. Tracy dengan jabatan barunya itu, diharapkan fokus pada pembebasan warga Amerika yang ditahan di Rusia

Duta Besar Amerika Serikat untuk Rusia saat ini menjadi salah satu jabatan diplomatik Amerika yang paling penting dan menantang. Tracy adalah seorang diplomat karir dan saat ini masih menjabat sebagai Duta Besar Amerika Serikat untuk Armenia. Dia berjanji akan menjenguk warga Amerika Serikat yang ditahan, termasuk atlet bola basket Brittney Griner dan mantan anggota marinir Paul Whelan.

"Kesengsaraan warga Amerika yang ditahan di Rusia akan menjadi prioritas utama saya," kata Tracy selama sidang kelayakan dan kepatutan di hadapan Komite Senat Amerika Serikat bidang hubungan luar negeri.

Biden mengumumkan pencalonan Tracy pada September 2022 atau persisnya beberapa minggu setelah jabatan itu ditinggalkan John Sullivan, yang menduduki jabatan Duta Besar Amerika untuk Rusia setelah ditunjuk oleh mantan Presiden Donald Trump.

"Sulit membayangkan tugas yang lebih menantang bagi seorang diplomat karier," kata Senator Demokrat Bob Menendez, ketua komite.

Masih belum diketahui persis kapan Tracy akan secara resmi menduduki jabatan Duta Besar Amerika untuk Rusia. Sebab penunjukkannya juga harus mendapat persetujuan Rusia untuk menerimanya. Moskow memiliki Duta Besar di Washington, Anatoly Antonov.

Tracy diketahui pernah menjabat sebagai wakil kepala misi di Moskow periode 2014 hingga 2017. Tracy pandai berbahasa Rusia. Jika dia resmi menduduki jabatan itu, maka Tracy akan tercatat sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai Duta Besar Amerika Serikat untuk Rusia.

Beberapa anggota komite mengindikasikan bahwa mereka berharap Tracy akan dikonfirmasi oleh Senat dengan suara bulat. "Dia diuji, dia sangat memenuhi syarat," kata Senator Rob Portman, yang mewakili negara bagian asal Tracy, yakni Ohio dan memperkenalkannya di persidangan.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel