-->

FIFA Tak Mau Tayangkan Video Pesan Damai Volodymyr Zelensky di Final Piala Dunia


JAKARTA, LELEMUKU.COM - FIFA menolak permintaan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yang meminta agar pesan videonya soal perdamaian disiarkan di pertandingan final Piala Dunia 2022 Qatar pada Minggu, 18 Desember 2022. Zelensky awalnya ingin agar pesan videonya itu ditayangkan, yang juga menyerukan agar digelar konferensi damai untuk menyelesaikan perang yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina.

“Meski pun FIFA menolak menyiarkan pesan ini di stadion sebelum final Piala Dunia di Qatar, dunia masih mendengar permohonan kami,” kata Zelensky.

Menurut Zelensky, Piala Dunia membawa pesan perjuangan untuk menang. Namun kompetisi ini dimainkan di lapangan, bukan di medan pertempuran.

“Hal yang terburuk adalah mendapatkan kartu merah, bukan tombol merah,” kata Zelensky, menyindir kemungkinan adanya serangan nuklir.

Lionel Messi dari Argentina mengangkat trofi Piala Dunia bersama rekan setimnya saat mereka merayakan kemenangan atas Prancis dalam final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Qatar, 18 Desember 2022. REUTERS/Lee Smith

Sebelumnya pada Jumat, 16 Desember 2022, CNN mewartakan Zelensky telah meminta FIFA agar mengizinkannya menyiarkan sebuah pesan perdamaian sebelum malam final Piala Dunia 2022.

“Kami menawarkan sebuah formula perdamaian pada dunia. Benar-benar adil. Kami menawarkannya karena tidak ada pemenang dalam peperangan, yang juga mungkin tidak ada penarikan pasukan,” kata Zelensky.

Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022 lewat hal yang disebutnya operasi militer khusus. Perang Ukraina telah menewaskan ribuan warga sipil dan membuat jutaan warga kehilangan tempat tinggal.

“Saya mengumumkan inisiatif agar digelar sebuah KTT Global Peace Formula pada musim dingin ini. Pertemuan ini untuk menyatukan seluruh negara di dunia demi perdamaian. Stadion sepak bola sekarang kosong setelah pertandingan Piala Dunia, begitu pula kota-kota yang dikecamuk perang masih akan tetap sepi,” kata Zelensky.

Sejumlah kantor berita di Rusia mewartakan Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat kepada Presiden Argentina Alberto Fernandez atas kemenangan tim nasional sepak bola Argentina mengalahkan Prancis di Piala Dunia 2022. Pertandingan akbar itu, diselenggarakan di stadion Lusail, Ibu Kota Doha, Qatar pada Minggu, 18 Desember 2022. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel