-->

China Umumkan Pelonggaran Pembatasan COVID-19 Secara Nasional


JAKARTA, LELEMUKU.COM - China pada Rabu 7 Desember 2022 mengumumkan pelonggaran pembatasan COVID-19 secara nasional.

Seperti dilansir Al Arabiya, langkah ini menyusul protes di seluruh negeri yang menentang strategi garis keras nol-COVID,  berkembang menjadi seruan untuk kebebasan politik yang lebih besar.

Kemarahan atas kebijakan nol-COVID China—yang melibatkan penguncian massal, pengujian konstan, dan karantina bahkan untuk orang yang tidak terinfeksi—memicu keresahan yang tidak terlihat sejak protes pro-demokrasi pada 1989.

Di bawah pedoman baru yang diumumkan oleh Komisi Kesehatan Nasional, frekuensi dan ruang lingkup pengujian PCR—yang sudah lama menjadi andalan kehidupan yang membosankan di nol-COVID China— akan dikurangi.

“Tes PCR massal hanya dilakukan di sekolah, rumah sakit, panti jompo dan unit kerja berisiko tinggi; ruang lingkup dan frekuensi pengujian PCR untuk dikurangi lebih lanjut. Sementara warga yang bepergian lintas provinsi tidak perlu memberikan hasil tes 48 jam dan tidak perlu melakukan tes pada saat kedatangan.”

Penguncian juga akan diperkecil dan orang dengan kasus COVID-19 yang tidak parah dapat diisolasi di rumah alih-alih di fasilitas pemerintah terpusat.

Dan warga tidak lagi diharuskan menunjukkan kode kesehatan hijau di ponsel mereka untuk memasuki gedung dan ruang publik. “Kecuali untuk panti jompo, institusi medis, taman kanak-kanak, sekolah menengah dan sekolah menengah atas."

Aturan baru juga membatalkan karantina paksa untuk orang tanpa gejala atau dengan kasus ringan.

“Orang yang terinfeksi tanpa gejala dan kasus ringan yang memenuhi syarat untuk isolasi rumah umumnya diisolasi di rumah. Atau, mereka dapat secara sukarela memilih isolasi terpusat untuk pengobatan,” bunyi aturan baru tersebut.

China juga akan mempercepat vaksinasi lansia, kata NHC, yang telah lama dilihat sebagai hambatan utama untuk relaksasi pendekatan tanpa toleransi Beijing terhadap COVID-19.

Demonstrasi langka menentang strategi nol-COVID Partai Komunis yang berkuasa pecah di seluruh China akhir bulan lalu. Aksi protes ini kemudian berkembang menjadi seruan untuk lebih banyak kebebasan politik. Beberapa protes bahkan menyerukan Presiden Xi Jinping untuk mengundurkan diri.

Pihak berwenang menindak upaya protes sambil melonggarkan sejumlah pembatasan. Beberapa kota di China secara tentatif membatalkan pengujian massal dan membatasi pergerakan.

Ibu kota Beijing, di mana banyak bisnis telah dibuka kembali, mengatakan pekan ini bahwa penumpang tidak lagi diharuskan menunjukkan tes virus negatif yang diambil dalam waktu 48 jam untuk menggunakan transportasi umum.

Pusat keuangan Shanghai—yang menjalani penguncian brutal selama dua bulan tahun ini—mengumumkan aturan yang sama. Warga Shanghai dapat memasuki tempat-tempat luar ruangan seperti taman dan tempat wisata tanpa tes baru-baru ini.

Namun, analis di perusahaan Jepang Nomura pada Senin menghitung bahwa 53 kota - rumah bagi hampir sepertiga populasi China - masih memiliki beberapa pembatasan.

Pengumuman pada Rabu juga datang beberapa jam setelah pemerintah merilis data lebih lanjut yang menunjukkan dampak ekonomi yang melumpuhkan dari nol-COVID.

Impor dan ekspor anjlok pada November ke level yang tidak terlihat sejak awal 2020. Impor pada November turun 10,6 persen tahun ke tahun, penurunan terbesar sejak Mei 2020, menurut Administrasi Umum Kepabeanan. Ekspor turun 8,7 persen dibandingkan periode yang sama.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel