-->

Merrick Garland Tunjuk Jack Smith Sebagai Penyelidikan Federak pada Donal Trump


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Jaksa Agung Amerika Merrick Garland pada Jumat (18/11) mengumumkan ia menunjuk veteran jaksa Jack Smith sebagai penasehat khusus atas dua penyelidikan federal terhadap mantan presiden Donald Trump yang sedang berlangsung, hanya beberapa hari setelah Trump mengumumkan pencalonan dirinya kembali di pemilu 2024.

“Saya sangat percaya bahwa proses normal departemen ini dapat menangani semua penyelidikan dengan integritas, dan saya juga percaya bahwa menunjuk seorang penasehat khusus saat ini adalah hal yang tepat. Keadaan luar biasa yang ada menuntut hal itu,” ujar Garlad dalam sebuah pernyataan singkat di televisi.

Garland juga memaparkan bahwa Smith, mantan kepala bagian integritas publik di Departemen Kehakiman, dan sekaligus mantan kepala jaksa untuk pengadilan khusus di Den Haag, akan kembali ke Washington DC untuk segera mengambil alih penyelidikan.

Dua Investigasi Terkait Trump

Investigasi pertama dipusatkan pada apakah “seseorang atau entitas, telah secara tidak sah mencampuri peralihan kekuasaan setelah pemilihan presiden tahun 2020, atau proses sertifikasi suara electoral college yang diadakan pada atau sekitar tanggal 6 Januari 2021,” ujar Garland merujuk pada upaya Trump dan rekan-rekannya untuk membatalkan hasil pemilu presiden terakhir.

Penyelidikan kedua melibatkan penanganan dokumen-dokumen rahasia dan catatan lain oleh Trump, serta kemungkinan menghalang-halangi penyelidikan federal.

Trump belum didakwa dalam kedua kasus tersebut.

Pencalonan Trump Sebagai Kandidat Capres 2024 Perumit Kapabilitas Departemen Kehakiman

Berdasarkan perkembangan terakhir, termasuk pengumuman Trump bahwa ia adalah calon presiden dalam pemilu presiden berikutnya, dan niat presiden yang saat ini menjabat untuk ikut bertarung, saya menyimpulkan ada kepentingan publik untuk menunjuk seorang penasehat khusus,” ujar Garland, yang saat berbicara diapit beberapa pejabat tinggi Departemen Kehakiman.

Pengumuman Garland itu disampaikan tiga hari setelah Trump mengumumkan pencalonan dirinya kembali, sebuah langkah yang memperumit kapabilitas Departemen Kehakiman untuk menyelidiki mantan dan calon saingan presiden saat ini.

Meskipun Departemen Kehakiman melakukan penyelidikannya secara independen dari Gedung Putih, Garland adalah orang yang secara politis ditunjuk oleh presiden.(VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel