-->

Kim Jong Un Ingin Bangun Senjata Nuklir demi Martabat dan Kedaulatan Negara


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengklaim membangun kemampuan nuklir sama dengan melindungi martabat dan kedaulatan negara dan bangsa. Dia menggambarkan Hwasong-17 sebagai senjata strategis terkuat di dunia dan Korea Utara punya kemampuan untuk membangun tentara terkuat di dunia.

Kim juga mengklaim ilmuwan Korea Utara telah membuat lompatan maju yang luar biasa dalam mengembangkan teknologi pemasangan hulu ledak nuklir pada rudal balistik. Korea Utara kemungkinan akan memperluas dan memperkuat kemampuan penangkal nuklirnya dengan kecepatan luar biasa.

Klaim itu disampaikan Kim menyusul tekadnya untuk menjadikan negaranya sebagai negara yang punya kekuatan nuklir paling kuat di dunia. Kim menyampaikannya dihadapan puluhan perwira militer yang terlibat dalam peluncuran rudal balistik baru-baru ini.

Media milik pemerintah Korea Utara mewartakan pada Minggu, 27 November 2022, pengumuman itu muncul setelah Kim melakukan pengecekan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-17 pada 18 November 2022. Ketika itu, Kim berjanji melawan apa yang disebutnya sebagai ancaman nuklir Amerika Serikat.

"Tujuan akhir Korea Utara adalah memiliki kekuatan strategis paling kuat di dunia, kekuatan absolut yang belum pernah terjadi sebelumnya di abad ini," kata Kim

Media milik pemerintah Korea Utara dalam pemberitaannya menyebut para pekerja yang terlibat dalam pembangunan senjata nuklir Korea Utara, berjanji akan membela otoritas absolut partai, Kim Jong Un, dan membuat rudal seperti yang ditunjukkan Kim yang mampu mencapai daratan Amerika Serikat.

Tindakan Korea Utara telah mendorong Amerika Serikat menyerukan agar diterbitkan pernyataan presiden Dewan Keamanan PBB untuk meminta pertanggungjawaban Korea Utara atas uji coba misilnya, yang dilarang oleh resolusi Dewan Keamanan.

Kantor berita KCNA mewartakan Komite Tetap Majelis Rakyat Tertinggi Korea Utara menganugerahkan rudal Hwasong-17 gelar Pahlawan DPRK dan Medali Bintang Emas serta Urutan Kelas 1 Bendera Nasional.

"(Rudal) dengan jelas membuktikan kepada dunia bahwa DPRK (Korea Utara) adalah kekuatan nuklir penuh yang mampu melawan supremasi nuklir imperialis Amerika dan sepenuhnya menunjukkan kekuatannya sebagai negara ICBM paling kuat," tulis KCNA.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel