-->

Pesawat Militer AS dan Kanada Antar Kendaraan Taktis Berlapis pada Polisi Haiti


PORT-AU-PRINCE, LELEMUKU.COM - Pesawat militer AS dan Kanada pada Sabtu (15/10) mengantarkan kendaraan taktis berlapis baja dan pasokan lain ke Polisi Nasional Haiti (HNP) untuk membantu memberantas geng-geng kriminal yang telah memperburuk krisis kemanusiaan di Haiti.

"Perangkat ini akan membantu HNP dalam melawan aktor-aktor kriminal yang melakukan kekerasan dan mengganggu alur bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan, sehingga menghambat upaya untuk menyetop penyebaran kolera," kata pemerintah AS dan Kanada dalam pernyataan gabungan.

AS dan Kanada mengambil langkah untuk mengantar perangkat yang dibeli pemerintah Haiti itu, ketika perusahaannya menghadapi penundaan pengiriman, kata seorang juru bicara Departemen Luar Negeri. Ditambahkannya, AS akan melanjutkan upaya-upaya untuk memperkuat polisi Haiti.

Rakyat Haiti mengalami kelaparan hebat karena geng-geng memblokade sebuah terminal BBM utama, kata para pejabat PBB pada Jumat (14/10). Lebih dari 4 juta orang menghadapi kelangkaan pangan yang akut.

Sebuah koalisi geng telah mencegah distribusi diesel dan bensin selama lebih dari sebulan untuk memprotes rencana pengurangan subsidi BBM. Banyak transportasi terhenti. Penjarahan dan baku tembak antar geng juga jadi semakin sering terjadi.

Dewan Keamanan PBB sedang mempertimbangkan sanksi-sanksi untuk membekukan aset, melarang perjalanan dan embargo senjata terhadap siapapun yang mengancam perdamaian, keamanan atau stabilitas Haiti, menurut sebuah rancangan resolusi yang dilihat oleh Reuters pada Kamis (13/10). (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel