-->

Kebakaran Hebat di Pasar Dolog Agats, 200 Warga di Asmat Kehilangan Rumah

Kebakaran Hebat di Pasar Dolog Agats, 200 Warga di Asmat Kehilangan Rumah.lelemuku.com.jpg

AGATS, LELEMUKU.COM - Kebakaran hebat terjadi di Pasar Dolog Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan pada Minggu (16/10/2022) pukul 04.45 WIT dini hari.

Menurut Wadansatgas Mayor Inf Ganda Samosir dalam keterangannya menyatakan Prajurit TNI dari Satgas Yonif R 600/Modang bersama warga gerak cepat memadamkan api yang membakar beberapa bangunan di pasar.

Ia mengungkapkan peristiwa ini diketahui dari satu di antara prajurit membangunkannya dan mengatakan sekitar Pos Bulog terjadi kebakaran.

“Dalam waktu 5 menit saya minta seluruh pasukan yang tidur bangun dan berkumpul. Lalu saya minta mereka bawa alat-alat apa saja untuk memadamkan api. Dengan berjumlah 40 orang kami pun membantu warga,” kata dia.

Pukul 07.07, lanjut dia, kobaran api yang menjalar ke rumah rumah warga sudah berhasil dipadamkan oleh gabungan TNI-POLRI baik dari Satgas Raider 600/Modang, Satgas Mandala maupun Koramil serta masyarakat setempat. 

"Sebanyak 40 orang anggota personil Pos Agats Satgas Satuan Organik Yonif Raider 600/Modang bekerjasama dengan personel Koramil dan Polsek serta warga bahu membahu memadamkan api yang membakar beberapa bangunan di Pasar Agats," jelas Ganda Samosir.

"Pasukan Satgas Yonif R 600/Modang cepat datang, sehingga api tidak menjalar lebih luas, serta api berhasil dipadamkan sekitar pukul 08.00 WIT pagi hari", imbuhnya

Penyebab utama kebakaran sedang diselidiki dan kemungkinan dikarenakan kompor terbakar dan jumlah rumah yang terbakar sementara sampai saat ini pendataan berapa rumah yang terbakar terus dilakukan.

“Jadi ada seorang warga pada saat itu sedang memasak kue. Lalu kompornya meledak. Karena perkampungan ini rumahnya kayu semua mengakibatkan api cepat membesar dan membakar rumah warga lainnya,” ujarnya.

Total bangunan yang terdampak yaitu 121 kios dan 4 rumah yang terletak di Blok D, Blok G, Blok H, Blok E dan Blok F pasar tersebut.

"Data yang sementara kami kumpulkan ada 200 warga kehilangan rumah. Kami masih terus kumpulkan datanya, termasuk beberapa tempat usaha yang terbakar," kata Komandan Koramil 1707-08 Agast Kapten Roni.

Sementara untuk korban jiwa, pihaknya belum mendapatkan laporan dari warga.

Sementara itu Kapolres Asmat AKBP Agus Hariyadi melalui Kasi Humas Polres Asmat Bripka Wahab mengatakan, kepolisian belum dapat menyimpulkan penyebab kebakaran. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel