-->

Pakar Penyakit Menular AS, Anthony Fauci akan Pensiun Akhir Tahun


WASHINGTON, LELEMUKU.COM Dr. Anthony Fauci, pakar penyakit menular AS yang mewakili negara dalam penanganan COVID-19, Senin (22/8) mengatakan ia berencana untuk pensiun pada akhir tahun.

Dr. Fauci, 81 tahun, telah memimpin Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS sejak 1984. Pada tahun 2020, ia menjadi terkenal di Amerika sebagai penasihat Presiden Donald Trump selama lonjakan awal virus corona di AS.

Fauci berkali-kali mendesak orang Amerika agar divaksinasi. Sebagian besar melakukannya namun jutaan orang Amerika yang vokal mengklaimnya sebagai gangguan pada kebebasan pribadi mereka. Banyak dari mereka yang menyangkal keampuhan vaksin yang tersedia secara luas itu, meninggal, dan seringkali mengaku salah pada hari-hari terakhir hidup mereka.

Fauci, yang kemudian ditunjuk oleh Presiden Joe Biden sebagai kepala penasihat medisnya, mendukung penutupan pusat kebugaran, bar dan restoran dan penutupan sekolah pada bulan-bulan awal pandemi, yang memicu kemarahan beberapa pejabat pemerintah negara bagian dan lokal yang konservatif.

Tetapi Fauci juga sangat meremehkan momok pandemi dan jumlah kematian di AS, yang sekarang telah menewaskan lebih dari satu juta orang di AS, lebih banyak daripada di negara lain mana pun. Seperti pejabat kesehatan lainnya, ia pada awalnya mengatakan orang-orang di tempat umum tidak perlu memakai masker dan awalnya tidak menyadari bahwa orang tanpa gejala juga merupakan penyebar virus.

Para pengecam mengolok-olok kesalahannya. Menjelang akhir masa kepresidenannya, Trump mempertanyakan keahlian Fauci, keputusan mengenai pemakaian masker, dan asal-usul virus itu di China.

Banyak pakar kesehatan mengandalkan pengetahuannya tentang penyakit menular, dan ia selalu hadir dalam acara berita televisi yang memberi orang Amerika saran terbaru tentang cara mengatasi COVID-19. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel