-->

Benhur Tomi Mano Serahkan Sertifikat HAKI ke 161 Pelaku Ekonomi Kreatif Kota Jayapura

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano Serahkan Sertifikat HAKI ke 161 Pelaku Ekonomi Kreatif Kota Jayapura - (HumasJayapuraKota)

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Wali Kota Jayapura, Provinsi Papua, Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM menyerahkan sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua kepada 161 pelaku ekonomi kreatif di daerah tersebut pada Jumat, 22 April 2022.

“Sektor ekonomi kreatif sendiri perlu diapresiasi, karena masih ada dalam kondisi pandemik. Saudara-saudara kita para pelaku ekonomi kretaif di Kota Jayapura terus  berinovasi menciptakan karya maupun produknya,” kata dia di kegiatan ‘Sosialisasi dan Fasilitasi serta Penyerahan Sertifikat HAKI Bagi Pelaku Ekonomi Kretaif Tahun 2022'.

Menurut Mano ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor yang sangat potensial dalam menopang pembangunan daerah.

Secara khusus, ia meminta Dinas Pariwisata Kota Jayapura mengambil langkah strategis guna menunjang pertumbuhan dan perkembangan sector tersebut sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Nomor 11 Tahun 2019 tentang ‘Pemberdayaan dan Perlindungan Ekonomi Kreatif’.

”Ini memberikan nilai manfaat serta menghasilkan produktivitas bagi perkembangan maupun peningkatan kesejahteraan,” ujar dia.

Selanjutnya, Kakanwil Kemenkumham Papua, Anthonius Mathius Ayorbaba, SH., M.Si mengatakan Pemkot Jayapura telah memecahkan rekor penyerahan sertifikat HAKI secara gratis dengan berbagai kemudahan bagi para pelaku seni dan usaha. 

Ia menambahkan pihaknya sedang memperjuangkan pembentukan Lembaga Manajemen Kolektif Daerah (LMKD) di Papua yang sejalan dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan  Musik pada tanggal 30 Maret 2021.   

“Ketika lagu dinyanyikan, maka penyanyi, memain musik, pencipta lagu dapat royalti. Semua akan memperoleh dampak dan manfaat,” harap Ayorbaba.

Kegiatan penyerahan sertifikat HAKI kepada 161 pelaku ekonomi kretaif kategori music, penerbit dan fashion itu adalah bentuk komitmen dan kerjasama Pemkot Jayapura melalui Dinas Pariwisata dan Kemenkumham Papua dalam mewujudkan perlindungan bagi pelaku HAKI Papua atas produk yang berdampak positif. (Laura Sobuber)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel