-->

Murad Ismail Buka Kegiatan Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional ke-14 di Hindu Center Ambon

Murad Ismail Buka Kegiatan Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional ke-14 di Hindu Center Ambon.lelemuku.com.jpg

AMBON, LELEMUKU.COM - Gubernur Maluku Drs. Murad Ismail membuka secara resmi kegiatan Utsawa Dharma Gita (UDG) Tingkat Nasional ke-14 Tahun 2021 yang bertajuk “Menumbuh-kembangkan literasi dan moderasi beragama untuk mewujudkan masyarakat Hindu yang cerdas dan berintegritas", di Hindu Center, Ambon pada Rabu (29/9/2021).

Ada dua pesan penting yang disampaikan Gubernur dalam sambutannya, yakni dari aspek religious, UDG mereflesikan hubungan antara Tuhan sebagai pencipta dan manusia sebagai makhluk ciptaan. Nyanyian suci (Dharma Gita) adalah ungkapan manusia selaku insan yang lemah, dan membutuhkan kekuatan perlindungan dari Tuhan.

"Dari aspek sosial budaya, UDG memberi pelajaran berharga kepada manusia tentang seni dan budaya sebab ajaran agama Hindu memiliki filosofi Dia adalah Kamu dan Kamu adalah dia," ucap dia.

Menurut Gubernur, peran agama tidak dapat digantikan oleh ilmu pengetahuan dan teknologi buatan manusia. Sebab, agama bersumber dari Tuhan. Karena itu, ia menginginkan, seluruh umat beragama di Maluku dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agamanya.

“Tema ini sangat relevan dengan kondisi kemajemukan bangsa termasuk Maluku yang memiliki slogan hidup Orang Basudara atau Ikatan Pela Gandong. Olehnya itu, perbedaan dan keberagaman bukanlah sesuatu yang dipertentangkan tetapi menjadi pemersatu,” ujar Gubernur.

Di tempat yang sama, Kepala Kanwil Kemenag Maluku Djamaluddin Bugis menerangkan, dalam konteks pembangunan kerukunan umat beragama di Maluku, umat Hindu dituntut bisa tampil bergandeng tangan dengan seluruh masyarakat beragama dan hadir sebagai pelopor serta penebar moderasi beragama yang menjadi tujuan pembangunan.

“Sebab, partisipasi umat Hindu dalam pembangunan merupakan wujud dari tanggungjawab umat bersama pemerintah. Pada momentum penyelenggaraan UDG, sebagai Kakanwil, saya mengajak Umat Hindu bersama masyarakat lintas agama di negeri ini untuk terus menciptakan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama secara internal,” terangnya. (diskominfomaluku)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel