-->

Narendra Modi Minta Militer India Atasi Lonjakan Covid-19

Narendra Modi Minta Militer India Atasi Lonjakan Covid-19.lelemuku.com.jpg
NEW DELHI, LELEMUKU.COM - Pemerintah India meminta angkatan bersenjatanya turun tangan membantu mengatasi badai Covid-19 yang menghancurkan negara itu. Pihak militer pun merespon positif permintaan itu.

"Oksigen akan dilepaskan dari cadangan milik angkatan bersenjata dan pensiunan personel medis akan bergabung dengan fasilitas kesehatan yang bermasalah," kata Kepala Staf Pertahanan India Jenderal Bipin Rawat dikutip dari Reuters, Selasa, 27 April 2021.

Sementara itu, Perdana Menteri Narendra Modi mendesak semua warga untuk segera menerima vaksinasi dan berhati-hati di tengah badai infeksi virus corona ini.

Gelombang kedua penyebaran Covid-19 di India tak kunjung mereda. Sejak 21 April, setiap hari kasus positif bertambah lebih dari 300 ribu.

Di beberapa kota terparah di India, jenazah Covid-19 dikremasi secara massal di fasilitas darurat di taman dan tempat parkir. Sedangkan pasien yang sakit kritis terpaksa di tempatkan di luar ruangan lantaran kondisi rumah sakit yang penuh sesak.

India telah menambah tempat tidur rumah sakit dengan mengubah hotel, gerbong kereta api dan ashram menjadi fasilitas perawatan kritis, tetapi para ahli memperingatkan krisis berikutnya akan menjadi kekurangan dokter dan perawat.

"Sayangnya tempat tidur tidak dapat merawat pasien. Dokter, perawat, dan paramedis yang bisa merawat," kata Dr Devi Shetty, seorang ahli bedah jantung dan ketua rantai rumah sakit Narayana Health.

Asosiasi Medis India mengatakan rumah sakit swasta di kota barat Surat di negara bagian Gujarat harus ditutup jika mereka tidak segera mendapatkan pasokan oksigen. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel