-->

Joice Fatlolon Minta Perempuan Tanimbar Teladani Semangat RA Kartini


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Joice Fatlolon Pentury meminta seluruh perempuan di daerah tersebut untuk meneladani semangat dari Pahlawan Nasional, Raden Ajeng (RA) Kartini.

Ia mengatakan sudah sepatutnya para perempuan berterima kasih kepada sosok pelopor emansipasi wanita di Tanah Air.

Dahulu kaum perempuan kerap mengalami penindasan secara fisik dan mental serta dipandang sebelah mata karena status sosial. Namun, pandangan itu berhasil diubah oleh perjuangan Kartini.

“Karena perjuangannya untuk emansipasi wanita di Indonesia, sehingga hari ini kita bisa lihat ada kartini-kartini masa kini, yang sudah memegang peranan yang tidak kalah dari kaum pria,”  kata Joice kepada Lelemuku.com pada Rabu, 21 April 2021.

Ia pun berharap kepada seluruh Kartini Tanimbar masa kini di saat pemulihan ekonomo dari mewabahnya Virus Corona (COVID-19) agar tetap semangat dan maju  berjuang mengisi pembangunan dengan karya-karya nyata lewat berbagai talenta yang dimiliki.

Menurut Joice, sekecil apapun peran dan kontribusi yang diberikan akan berdampak besar dalam keluarga, desa, kecamatan hingga kabupaten dengan menajamkan kualitas pemberdayaan perempuan melalui peran dan fungsi TP-PKK.

“Ini tertuang dalam 10 program PKK, yang meliputi pendidikan, kesehatan, lingkungan dan berbagai aspek dalam kehidupan dengan tujuan untuk pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga,” harap Joice.

Sementara itu, sesuai dengan ketetapan Presiden RI pertama Soekarno melalui Surat Nomor 108 Tahun 1964 tertanggal 2 Mei 1964, Kartini ditetapkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

Soekarno juga menetapkan peringatan Hari Kartini sebagai hari besar nasional yang jatuh pada tanggal 21 April setiap tahunnya. Tanggal itu dipilih juga sesuai dengan hari lahir RA Kartini. (Laura Sobuber)  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel