-->

Tiga Inovasi Daerah di Bidang Pendidikan Capai Tanimbar Cerdas


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispenbud) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Drs. Herman Joseph Lerebulan menyebutkan pihaknya akan melakukan tiga program inovasi daerah di tahun 2021.

“Ada inovasi daerah yang kami akan implentasikan di tahun ini,” sebut dia kepada Lelemuku.com pada Rabu, 17 Maret 2021.

Pembaruan itu mengacuh pada visi dan misa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanimbar, yaitu ‘Menjadikan Tanimbar yang Sehat, Cerdas, Wibawa dan Mandiri’.

“Rumah pintar, literasi dan budaya,” katanya.

Ketiga inovasi guna menunjang pendidikan di daerah yang dikategorikan dengan Daerah Terdepan, Terpencil dan Tertinggal (3T) tersebut, diantaranya rumah pintar di Arit-Arit Desa Arma dan Watmuri, Kecamatan Nirunmas dan Nyafar atau rumah kebun di kecamatan Selaru.

Kemudian meningkatkan literasi siswa diluar jam belajar dengan menyiapkan taman atau pondok baca di lingkungan sekolah dan bersinergi dengan perpustakaan sekolah dan perpustakaan desa serta perpustakaan daerah dalam pendistribusian buku.

Dispenbud akan menobatkan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tanimbar, Joice Fatlolon Pentury sebagai ‘Bunda Literasi’.

“Kami punya konsep akan nobatkan Ketua TP-PKK Tanimbar sebagai bunda literasi yang sudah dimulai di taman kota saat hari anak nasional tahun lalu dan lomba PKK di Meyano,”  ungkap Lerebulan.

Ia menambahkan program terakhir adalah meningkatkan kecintaan siswa akan budaya Tanimbar melalui rumah seni tari, ukir dan anyaman.

“Kami akan bekerjasama dengan sanggar-sanggar di daerah guna mengajar anak-anak dari jenjang PAUD hingga SMP agar mengenal budaya mereka,” tambah Lerebulan. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel