-->

Julius Sumanik Rekam Data KTP-el Warga Hingga Pelosok Tanimbar


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Julius Sumanik mengungkapan pihaknya selalu melakukan yang terbaik dalam merekam data KTP-elektronik masyarakat di daerah tersebut.

Ia menyebutkan upaya itu dilakukan dengan langsung mendatangi warga di setiap desa yang ada di Tanimbar, tanpa terkecuali para kaum difabel dan lanjut usia (Lansia) yang memiliki keterbatasan untuk berkunjungi Dukcapil. Namum memiliki kerinduan untuk memiliki dokumen negara.

"Dukcapil ada untuk masyarakat. Itu tanggungjawab kita melayani hingga ke pelosok negeri ini tanpa mengenal diskriminasi," ungkap Sumanik pada Jumat, 26 Maret 2021.

Ia berpikir untuk menjangkau seluruh wilayah Kepulauan Tanimbar dalam pelayanan administrasi kependudukan, memerlukan petugas dukcapil atau para aparat sipil negara (ASN) yang tangguh. Maka menurut Sumanik wajarlah jika pihaknya wajib melakukan layanan prima dengan mendatangi masyarakat secara langsung, khususnya yang belum tersentuh layanan administrasi kependudukan.

"Semua itu kami lakukan dengan membawa alat perekaman yang cukup berat. Setiap setting alat di satu desa bahkan rumah saja butuh waktu minimal 30 menit dengan membawa jaringan internet sendiri,” katanya.

Sumanik menambahkan  pelayanan Adminduk yang dilakukan pihaknya adalah mulai dari perekaman KTP-el, pembuatan Kartu Keluarga (KK), Karu Identitas Anak (KIA). Dalam setiap pelayanan ke desa-desa, petugas dukcapil selalu menjelaskan bahwa pentingnya KTP-el, yaitu agar bisa mendapatkan layanan dasar dari negara seperti pendidikan dan bantuan sosial.

“Bahkan ada petugas yang sempat mual ketika harus menyeberang lautan untuk lakukan pelayanan. Belum lagi melayani warta jompo yang sakit dan kurang terurus. Namun semua dijalani dengan ikhlas dan pantang menyerah," kisah dia. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel