-->

Jokowi Ingin Bangun Ambon New Port Salahutu Dalam 2 Tahun


AMBON, LELEMUKU.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin membangun Ambon New Port di perbatasan Desa Waai dan Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Provinsi Maluku dalam waktu dua tahun.

“Pembangunan Ambon New Port akan dimulai tahun ini dan jika lancar, kita harapkan dalam dua tahun bisa selesai,” ungkap dia saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) pada Kamis, 25 Maret 2021.

Jokowi mengatakan pemerintah telah berencana membangun Ambon New Port. Dalam perencanaan, luas pelabuhan tersebut kurang lebih 700 hektare (H) yang di dalamnya terintegrasi pelabuhan logistik, pelabuhan perikanan, sekaligus industri perikanan.

“Pelabuhan baru dengan konsep pelabuhan terintegrasi itu akan menjadi pusat pertumbuhan industri pengolahan ikan dan konsolidasi kargo dari wilayah Indonesia Timu,” ujarnya.

Pada kunker itu Jokowi mengunjungi Pelabuhan Yos Sudarso tepat pukul 7 pagi WIT. Sejumlah pelaku usaha perikanan setempat sudah menunggu dirinya untuk berdialog dan menyampaikan kondisi terkini sektor perikanan Maluku.

Menurutnya Pelabuhan Yos Sudarso telah mencapai kapasitas maksimum, dan masalah lain yang membutuhkan pengembangan.

“Masih pagi benar di Kota Ambon, saya datang ke Pelabuhan Yos Sudarso. Belum pukul tujuh pagi. Saya melihat dari dekat pelabuhan di Kecamatan Sirimau yang melayani pelayaran kapal peti kemas dan penumpang itu,” kata Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi melakukan penijauan jalannya proses vaksinasi masala di tiga lokasi, diantaranya Pelabuhan Yos Sudarso, RSUP dr. J. Leimena di Kota Ambon, dan Dermaga Huseka’a Hitu di Kediaman Raja Hitu, Malteng.


Vaksinasi massal tahap selanjutnya di Maluku menyasar 116.337 warga lansia serta 174.805 pekerja dan pelayan public.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Kasrul Selang menyebutkan pada Kamis, 25 Maret 2021, pukul 08.30 WIT, kunjungan Jokowi diawali perjalanan menuju Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Ambon dengan kendaraan berjarak kurang lebih 2km dan memakan waktu 8 menit.

“Pukul 09.40 WIT Jokowi bergerak ke RSUP dr. J. Leimena, Jl. R. Suprapto,” ujar dia pada Rabu, 24 Maret 2021.

Selepas itu, pukul 10.50 WIT Jokowi berencara pula mengungjungi Kediaman Raja Hitu di Kecamatan Hitu Lama, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dan 12.35 WIT bergesek ke Dermaga Huseka’a Hitu.

“Beristirahat sejenak, orang nomor satu di Indonesia tersebut akan makan siang di Rumha Makan Apong Wayame, Jln. Ir. M. Putuhena, Ambon makan siang bersama dan Adzan Shalat Dzuhur,” kata Selang.

Kemudian pukul 15.30 WIT Jokowi menuju ke Bandara Pattimura Ambon dan kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat kepresidenan.

Sementara itu, TNI dan Polri mengerahkan 1.600 personel dalam pengamanan Jokowi yang berasal dari Polda Maluku, Kodam XVI Pattimura, Korem Binaiya, Kdiam 1504 Ambon dan Polresta Ambon. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel