-->

Aryoko Rumaropen Apresiasi Lembaga Gaharu Papua Mandiri dalam Pengembangan SDM Kampung

Aryoko Rumaropen Apresiasi Lembaga Gaharu Papua Mandiri dalam Pengembangan SDM Kampung.lelemuku.com.jpg

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengapresiasi terobosan yang dilakukan Lembaga Gerakan Pembaharuan Papua Mandiri (Gaharu Papua Mandiri) dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) ditingkat distrik dan kampung di Kabupaten Biak Numfor.

Dukungan dan apresiasi tersebut disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua, Aryoko AF Rumaropen,SP.M.Eng mewakili Gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP.MH pada acara Launching Lembaga Gaharu Papua Mandiri dan Seminar Penguatan Kapasitas Kelembagaan Kampung Kabupaten Biak Numfor, Jumat (12/3/2021).

Dikemukakannya, terobosan lembaga Gaharu Papua Mandiri sejalan dengan program khusus yang sedang dikembangkan Pemprov Papua melalui BPSDM yakni peningkatan SDM Orang  Asli Papua (OAP).

“Mewakili bapak gubernur, kami sampaikan terima kasi kepada Lembaga Gaharu Papua Mandiri atas inisiatif pengembangan SDM di tingkat distrik dan kampung. Ini juga menjadi program khusus Pemprov Papua melalui BPSDM,” ungkap Aryoko.

Lebih lanjut Aryoko mengatakan Pemprov Papua dibawah kepemimpinan periode kedua Gubernur Lukas Enembe,SIP.,MH dan Wakil Gubernur Klemen Tinal,SE.,MM memprioritaskan pengembangan SDM asli Papua melalui kerjasama penddidikan dengan berbagai lembaga pendidikan di dalam dan luar negeri.

“Sesuai visi dan misi bapak Gubernur Dan Wakil Gubernur Papua yakni Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera yang Berkeadilan dan misi pertamanya Memantapkan Kualitas dan Daya Saing SDM, maka kami terus bekerjasama dengan semua baik perguruan tinggal dan staholder terkait untuk mewujudkan harapan masyarakat Papua sejahtera,” bilang Aryoko Rumaropen.

Dia berharap, pelatihan sekaligus seminar yang digagas lembaga GMP dapat meningkatkan kualitas aparatur distrik dan kampung di Kabupaten Biak Numfor dan Provinsi Papua.

“Kami harapkan pelatihan dan seminar seperti ini dilakukan secara periodik untuk membantu pemerintah dalam pengembangan SDM di Provinsi Papua,”tandasnya.

Setelah di launching, Lembaga Gaharu Papua Mandiri (GPM) pada hari yang sama menggelar Seminar Penguatan Kapasitas Kelembagaan Kampung Kabupaten Biak Numfor dengan menghadirkan tiga narasumber utama.

Yakni Rektor Universitas Cenderawasih, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST, MT, dengan materi Sinergitas Perguruan Tinggi dalam membangun masyarakat kampung.

Prof. Dr. Drs. Akbar Silo, MS Guru Besar Universitas Cendrawasih Pakar Ekologi Pemerintahan dengan materi Penatakelolaaan lembaga kampung dalam menunju kampung mandiri dan Antropolog Universitas Cendrawasih.

Dan Dr. Johsz R. Mansoben yang membawa materi Pembangunan kampung berbabis kearifan lokal. Dihadiri Kepala BPSDM Provinsi Papua, Aryoko AF Rumaropen,SP.M.Eng dan Otto Wanggai selaku Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Bupati Biak Numfor.

Direktur Lembaga Gaharu Papua Mandiri, Yesaya Saneraro Wamaer, SIP, MAP mengatakan lembaga yang dipimpinya didirikan atas dasar semangat dan motivasi perubahan dalam rangka memberikan pendampingan kepada masyarakat kampung menghadapi berbagai kemajuan pada semua aspek kehidupan.

“Seiring kemajuan informasi dan teknologi menjadi tantangan yang harus dihadapi masyarakat. Makanya kita bentuk lembaga ini untuk membantu masyarakat di kampung supaya mereka siap menghadapi perubahan jaman,” ujarnya.(diskominfopapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel