-->

Rpsitah Umasugi Ungkap Polres Maluku Tengah Gelar DBK dan Bagi Masker Bersama OKP

MASOHI, LELEMUKU.COM – Guna menciptakan situasi dan kondisi keamanan yang lebih kondusif diwilayah Kabupaten Maluku Tengah, membuat Polres Maluku Tengah melaksanakan kegiatan Duduk Bacarita Kamtibmas (DBK). Kegiatan DBK ini dilaksanakan di bumi perkemahan Dusun Haruo, Desa Rutah, Kecamatan Amahai, bersama salah satu organisasi kepemudaan (OKP) Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Daerah Maluku Tengah.

Kapolres Maluku Tengah, AKBP Rositah Umasugi mengatakan, kegiatan DBK ini diawali dengan pembagian masker dari pihak Polres kepada seluruh kader KAMMI Maluku Tengah.
“Kita melaksanakan DBK di bersama KAMMI Maluku Tengah, kebetulan mereka (KAMMI) melaksanakan kegiatan berkemah dan mereka meminta kami untuk gelar DBK, Kegiatan itu bertemakan, ‘Membentuk Muslim Negarawan yang kuat, cerdas dan berkarakter’, dan kita (Polres) hadiri bersama mereka. Kegiatan ini diawali dengan pembagian masker kepada seluruh kader KAMMI,”jelas Kapolres, kepada media disela-sela kegiatan tersebut, Minggu (14/11/2020).

Menurutnya, Polres Maluku Tengah telah beberapa kali bersilaturahmi dengan KAMMI dikabupaten tersebut, dan hal ini merupakan awal yang baik dalam sinergitas untuk sama-sama menjaga situasi dan kondisi keamanan yang ada.
“Kami pihak Polri tidak akan mampu menciptakan situasi kamtibmas dimana, kami terbatas sehingga dengan sinergitas yang dibangun bersama dapat terjalin dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman, dan terkendali, khususnya dengan KAMMI ini,”ujarnya.

Umasugi mengungkapkan, gangguan Kamtibmas yang terjadi di wilayah Kabupaten Malteng, disebabkan karena permasalahan perkelahian yang berujung kepada permasalahan yang
melibatkan kampung dan desa, namun telah diselesaikan secara adat dan hukum positif.
“Olehnya itu, kami menghimbau agar bisa menjadi polisi bagi diri sendiri dengan menjaga, keluarga kita dari perilaku yang bermasalah dengan hukum, mari bangun solidaritas yang baik dan jangan bangun solidaritas tidak baik yang menyesatkan berdampak pada terjadinya, situasi kamtibmas,”kata Kapolres.

Orang nomor satu di Polres Malteng ini mengajak, seluruh masyarakat terutama OKP khususnya KAMMI, apabila ada permasalahan kamtibmas jangan mudah terpancing, untuk ikut.
“Nah disini peran orang tua sangat penting
kepada anak-anaknya. Setiap orang tua akan dimintai pertanggungjawaban di yaumil mashyar terhadap anak yang dititipkan sehingga kita harus menyampaikan hal-hal yang baik untuk anak dan keluarga kita,” paparnya.

Sementara berkaitan dengan Pemilukada Malteng pada tahun 2022 mendatang, dimana ada pihak yang akan memanfaatkan OKP untuk tujuan tertentu, sehingga mari bijak melihat permasalahan yang akan
terjadi.
“Apa yang kita baca di media sosial jangan
langsung mengsharing namun disaring dulu, dilihat dulu karena ada istilah saat ini jarimu harimaumu, karena apa yang diposting akan direkam jejak digital yang diposting yang tidak sesuai dan melanggar Undang-Undang ITE dan kita tidak sadar apa yang kita lakukan tersebut
membawa dampak ujaran kebencian serta bijak dalam menggunakan media sosial, “tutur Umasugi.

Mantan Kasubdit Provos, Bidang Propam Polda Maluku ini mengajak, OKP terutama KAMMI untuk selalu memakmurkan mesjid dengan melakukan kegiatan keagamaan untuk dapat meramaikan, sesuai program Polres Malteng, dimana pelaksanaan kegiatan silaturahmi Kamtibmas yang dilaksanakan pada setiap mesjid.
“Siapkan bekal kita dengan taqwa dengan melakukan investasi akhirat dengan menjaga Sholat 5 waktu, dengan saling mengingatkan sesama ukhuwah Islam. Agar menghindari yang namanya minuman keras maupun Narkoba yang dalam minggu kemarin kami dari Polres Malteng, berhasil menangkap pengedar Narkoba, “tandas perwira menengah Polri ini.

Sementara itu, Ketua KAMMI daerah Malteng, Irwin Tabang menyampaikan, terima kasih kepada Kapolres Malteng dan jajaran atas
kerjasama dalam memfasilitasi kegiatan yang KAMMI dan laksanakan sinergitas antara Polri dan OKP.
“Kerjasama yang baik dengan pihak Polri sehingga segalanya berjalan aman dan lancar, “dia.

Irwin juga mengajak, seluruh kader KAMMI untuk menyimak apa yang disampaikan oleh pihak Polres.
” Mari kita dengar dan laksanakan apa yang disampaikan oleh Ibu Kapolres Malteng, sehingga dapat kita sampaikan kepada keluarga dan sanak saudara kita, “pungkasnya. (HumasPoldaMaluku)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel