-->

Petrus Fatlolon Imbau Masyarakat Tanimbar Siaga Tiga Kemungkinan Potensi La Nina

 


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Bupati Kepulauan Tanimbar di Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon mengimbau seluruh masyarakat di daerah yang dipimpinnya untuk siaga dalam mewaspadai tiga kemungkinan potensi bencana La Nina yang akan melanda seluruh wilayah Indonesia, termasuk Tanimbar pada akhir tahun 2020 hingga bulan Mei 2021.

Ketiga kemungkinan bencana tersebut adalah kebakaran hutan atau lahan akibat dari masyarakat membuka lahan kebun baru, banjir dan longsor serta tingginya gelombang air laut yang membahayakan masyarakat ketika berlayar.

"Mari kita mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan ini, supaya jangan sampai ada yang korban," imbau dia saat pemimpin Apel Konsolidasi Kontijensi Aman Nusa II Dalam Rangka Menghadapi Bencana Alam Tahun 2020 Kepolisian Resor (Polres) Tanimbar pada Selasa, 17 November 2020.

Fatlolon juga memberikan apresiasi kepada Polres Tanimbar yang memprakarsai kegiatan itu dengan melibatkan seluruh kompoten TNI dan Polri, Instansi vertikal serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanimbar dengan tujuan memastikan kesiapan personil dan dukungan peralatan dalam ancaman bencana yang membahayakan masyarakat.

"Pada kegiatan ini pula kami mempersiapkan peralatan pendukung baik itu yang berasal dari Satpol PP, pemadam kebakaran dan instansi vertical, seperti eperti Badan Sar, Pelabuhan, TNI dan Polri," ujarnya.

Sementara itu dampak La Nina dapat memicu curah hujan yang jauh lebih tinggi dibandingkan adanya anomaly negative suhu muka air laut yang akan berdampak terjadinya aliran massa udara basah yang kuat dari arah Samudera Pasifik bagian tengah ekuator menuju Kepulauan Indonesia. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel