Somalay Batlayeri Imbau Masyarakat Tanimbar Jaga Netralitas di Pilkades Serentak - #Lelemuku | Lelemuku.com - Kebanggaan Anak Negeri | Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Somalay Batlayeri Imbau Masyarakat Tanimbar Jaga Netralitas di Pilkades Serentak

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Somalay Batlayeri S.STP mengimbau masyarakat di 48 desa yang akan melakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 17 oktober 2020 untuk menjaga netralitas.

“Pilkades ini sangat rawan dengan yang namanya konflik horizontal, sehingga kami mengimbau seluruh masyarakat sebagai penyelenggara dari tingkat kabupaten hingga desa untuk tetap menjaga netralitas. Bagi para bakal calon segera ke sekretariatan, BPD dan pemdes untuk mengecek kepastian persyaratan agar bila nanti ingin mencalonkan diri sudah sangat memenuhi syarat,” imbau dia kepada Lelemuku.com pada Selasa (23/06/2020).

Batlayeri menyatakan dari 48 desa yang melakukan pilkades itu terdiri dari 201 soa atau marga dengan peserta sebanyak 402 bakal calon. Pihaknya telah melakukan langkah-langkah persiapan, yaitu sosialisasi di 44 desa dan tersisa 4 desa di Kecamatan Molu Maru yang akan segera dilakukan.

Kemudian mekanisme pelaksanaan pilkades berpatokan pada Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Pemendagri) Nomor 112 Tahun 2014, Pemendagri Nomor 65 Tahun 2017 yang diikuti dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 22 tahun 2017.

Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 5 Tahun 2018 tentang petunjuk pelaksanaan pilkades serta perubahan Perbup Nomor 22 Tahun 2018 dimana pihaknya sementara rampungkan pada tahapan persiapan, yaitu penyempurnaan regulasi dengan penambahan 1 regulasi yang akan segera disahkan bupati, yaitu perubahan kedua atas Perbup Nomor 5 Tahun 2018 tersebut.

“Di tahun ini Tanimbar akan menyelenggarakan pemilihan kades gelombang ke tiga dalam 1 periode yang baru dan dilewati selama 6 tahun diselenggarakan serta gelombang ini yang terakhir untuk yang masa baktinya periode yang kemarin. Ada 48 desa yang akan mengikuti pilkades serentak dari 80 desa definitif dan 7 desa persiapan di Tanimbar,” katanya. (Laura Sobuber)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...