-->

15,365 Anak Penerima Manfaat Bangga Papua di Asmat Terima Dana Mencapai Rp19 Miliar

15,365 Anak Penerima Manfaat Bangga Papua di Asmat Terima Dana Mencapai Rp19 MiliarJAYAPURA, LELEMUKU.COM - 15.365 anak penerima manfaat program BANGGAPapua di Kabupaten Asmat menerima dana tahap 2 tahun 2019. Jumlah total dana otsus papua yang digelontorkan sebesar Rp 19.354.600.000 dan diterima oleh 11.220 ibu/wali sah anak. Dana tersebut ditransfer langsung ke rekening ibu/wali sah anak di Bank Papua.

Dana ini disediakan untuk anak orang asli Papua yang berusia 4 tahun ke bawah, agar orangtua mampu mencukupi kebutuhan gizi dan kesehatan anak mereka. Karenanya, dalam kegiatan pencairan dana, seperti biasa, Sekber Asmat bekerjasama dengan tenaga kesehatan (nakes) setempat melakukan edukasi tentang penggunaan dana yang benar.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh nakes untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu dan anak seperti pemberian imunisasi, penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan anak, serta pemberian vitamin kepada ibu.

Sekber Asmat juga berkolaborasi dengan Disdukcapil, yang pada saat kegiatan tersebut memberikan layanan kependudukan. Salah satunya adalah pengurusan dan penyelesaian akta kelahiran anak. Kerjasama dengan Disdukcapil memang penting karena salah satu syarat menjadi penerima manfaat adalah adanya NIK (Nomor Induk Kependudukan).

Kegiatan pencairan dana di Kab. Asmat ini juga dimonitor langsung oleh Bupati Asmat, Elisa Kambu. Sejak awal pelaksanaan program BANGGA Papua, beliau memang sudah memberikan dukungan dan komitmen yang tinggi terhadap pelaksanaan program ini, termasuk selalu aktif hadir dan memonitor pelaksanaan program di lapangan.

Kegiatan pencairan dana ini digelar sebelum adanya imbauan pemerintah untuk melakukan social distancingdalam rangka menekan penyebaran Covid-19.

Kegiatan pencairan dana program BANGGA Papua di tiga kabupaten uji coba (Asmat, Paniai, dan Lanny Jaya) untuk tahun 2019 dilakukan di dua tahap. Pencairan tahap pertama telah digelar di tahun 2019, dan untuk pencairan tahap kedua dilakukan di awal tahun 2020. Total dana otsus yang disampaikan kepada penerima manfaat di tiga kabupaten adalah Rp 41.527.400.000, untuk 31.917 anak dan diterima oleh 23.425 ibu/wali sah.

Dana BANGGA Papua adalah bentuk penggunaan dana Otsus yang manfaatnya langsung dirasakan oleh orang asli Papua. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel