-->

Perempuan di Amerika Serikat Giatkan Kampanye Hidup Sehat

Perempuan di Amerika Serikat Giatkan Kampanye Hidup SehatWASHINGTON, LELEMUKU.COM - Semangat untuk meraih Penghargaan Emas Pramuka Putri di Amerika Serikat melahirkan gagasan untuk meningkatkan kesadaran tentang kebiasaan hidup sehat. Kebiasaan hidup sehat itu bisa dilihat dari hal-hal sederhana, seperti mencuci tangan atau menyikat gigi, yang dapat mencegah penyakit dan membantu orang menikmati hidup yang lebih sehat.

Salah seorang anggota Pramuka Putri Amerika itu akhirnya melakukan perjalanan yang penuh semangat untuk membantu para gadis yang jauhnya ribuan kilometer. Hal ini tak aneh karena bertahun-tahun menjadi pramuka telah mempersiapkan seorang pelajar SMA, bernama Nyla Mpofu, untuk melayani orang lain.

"Sewaktu mencari ide untuk Penghargaan Emas Pramuka Putri, saya berusaha untuk memikirkan sesuatu yang berbeda, sehingga saya memutuskan untuk membantu para gadis di Zimbabwe," kata Nyla Mpofu.

Siswa SMA berusia 16 tahun itu menyediakan kotak-kotak sumbangan di berbagai lokasi di lingkungan rumahnya di Virginia. Tujuannya agar warga setempat dapat menyumbangkan produk kesehatan pribadi dan pakaian.

“Setelah itu, saya mulai menerima donasi (sumbangan) tanpa henti. Saya sampaikan tentang kegiatan saya ini ke teman-teman, lalu informasinya tersebar dari mulut ke mulut, dan mereka memberitahukan kepada orangtua mereka," kata Nyla Mpofu.

"Sekarang ini kami mendapat paket-paket produk kesehatan itu bersama-sama," lanjutnya.

Sumbangan kebutuhan sehari-hari dan produk-produk kesehatan wanita yang dikumpulkan selama beberapa bulan, menggunung saking banyaknya.

“Jadi di dalam tas ini, saya menaruh sikat gigi dan handuk lalu pakaian dalam. Dan setibanya di Zimbabwe, saya akan menambahkan pasta gigi dan handuk serta pembalut wanita," jelas Nyla Mpofu mengenai isi tasnya.

Help for Others atau “Membantu untuk Sesama” adalah organisasi nirlaba lokal yang dikelola oleh ibu Nyla, Gloria Mpofu. Ibunya juga mengepalai organisasi Help for Others tersebut.

“Saya mendukungnya dengan membantu membuat selebaran-selebaran, membantu menyebarkan proyek ini dari mulut ke mulut dan mengenalkannya dengan sejumlah orang di Zimbabwe," kata Gloria Mpofu.

Nyla melakukan perjalanan ke Zimbabwe dan bertemu dengan gadis-gadis remaja di daerah-daerah pinggiran.

"Dia berbicara tentang betapa pentingnya hal-hal sederhana, seperti mencuci tangan. Dan hanya dengan memelihara lingkungan yang bersih dapat membantu gadis-gadis dan perempuan di masyarakat menjalani kehidupan yang lebih sehat," kata Gloria Mpofu.

Nyla juga membagikan info tertulis kepada peserta seminar. "Mereka bisa mengajarkan adik-adik mereka atau hanya untuk diri mereka sendiri, memiliki pengetahuan tentang kebersihan, siklus menstruasi dan semua itu," katanya.

Sebuah proyek yang dimulai sebagai cara untuk membantu anak perempuan di Zimbabwe itu akhirnya mengungkap potensi masa depan Nyla.

“Dan itu membuat saya sadar bahwa saya dapat melakukan begitu banyak hal dengan memimpin dan menjalani peran ini serta merencanakan acara dan lain-lain. Jadi dampaknya sangat besar," kata Nyla Mpofu.

Kenangan manis dari perjalanan itu, sangat berharga, katanya. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel