-->

Inpex Masela Gandeng LPDS Gelar Pelatihan Uji Kompetensi Wartawan di Tanimbar

Inpex Masela Gandeng LPDS Gelar Pelatihan Uji Kompetensi Wartawan di TanimbarSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Perusahaan minyak dan gas (Migas) asal Jepang, Inpex Corporation yang mengelola Blok Masela di Lapangan Abadi yang terletak di Laut Arafura akan menggandeng Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) yaitu pusat pelatihan dan pengembangan jurnalisme professional di Jakarta Pusat untuk menggelar pelatihan dan bimbingan tentang Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi para awak media di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku pada Kamis (24/07/2019).

LPDS sendiri didirikan pada tanggal 23 Juli 1988 dengan menggunakan nama Soetomo karena penghormatan untuk seorang perintis gerakan kebangsaan Indonesia, Dr. Soetomo yang ikut mendirikan Boedi Oetomo dan menerbitkan jurnal Soeloeh Indonesia di Surabaya pada tahun 1925, majalah mingguan Soeloeh Rakjat Indonesia dan harian Soeloeh Oemoem pada tahun 1930 serta majalan Panyebar Semangat yang berbahasa Jawa dan tetap eksis hingga kini.

Lembaga yang menyakini bahwa kebebasan pers membutuhkan wartawan professional itu mengemban tugas pokok di bidang jurnalistik, manajeman pers dan bidang lain yang berhubungan dengan penyelenggaraan sarana komunikasi yang baik serta melakukan pengajian, penelitian, pusat dokumentasi dan pengembangan ilmu jurnalistik.

Menurut Act. Sr. Manager Communication dan Relations Inpex Masela Ltd, Puri Minari bahwa program pengembangan yang bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanimbar melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) itu digelar di Gedung Balai Pembinaan Umat (BPU) Sejahtera di Jalan Urayana Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) dan melibatkan sekitar 35 para wartawan dari media cetak, elektronik dan online yang berada di daerah dengan julukan Bumi Duan Lolat.

Materi dalam pelatihan yang rencananya dimulai pada pukul 08.30 WIT hingga 17.00 tersebut dibawakan oleh Hendrayana dari LPDS dengan topik ‘Kode Etik Jurnalistik’, Priyambodo dari LPDS dengan topik ‘Pengenalan UKW’ dan Yosep Suprayogi dari Majalah Tempo dengan topik ‘Peliputan dan Penulisan Berbasis Fakta dan Data’.

Turut hadir pula dalam kegiatan yang sangat bermanfaat bagi peningkatan kapasitas para insan pers Tanimbar itu juga Kepala Departemen Humas Satuan Kerja Khusus Pelaksanaan Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Wilayah Papua Maluku (Pamalu), Galih W Agustiawa bersama staf dan Special Advisor Inpex Masela, Halida Hatta bersama staf.

Sebelumnya SKK Migas Pamalu menyatakan salah satu program yang perlu disinkronkan dengan Pemkab Tanimbar adalah program peningkatan kapasitas bagi wartawan di daerah tersebut.

Melalui rilis yang diterima Lelemuku.com, hal itu diutarakan SKK Migas Pamalu dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Pemkab Tanimbar Tahun 2019-2020 di alun-alun Desa Teineman, Kecamatan Wuarlabobar pada Jumat (29/03/2019) lalu.

SKK Migas Pamalu mengakui akan mengelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) guna meningkatkan kapasitas dari para wartawan di Tanimbar. Sehingga dapat mendukung memberitakan kinerja positif investasi hulu migas dan Pemda di Bumi Duan Lolat itu.

Program Pengembangan Masyarakat (PPM) SKK Migas bersama Kontraktor Kerja Kerjasama (KKKS) lainnya yang juga sangat perlu untuk disingkronkan adalah program lingkungan penanaman pohon, kesehatan ‘Fighting For No Stunting’ dan kemandirian ekonomi dalam pemberdayaan pariwisata dan perikanan. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel