-->

Hery Dosinaen Ungkap Perjuangan Mencairkan Dana Otsus Sudah Selesai

Hery Dosinaen Ungkap Perjuangan Mencairkan Dana Otsus Sudah SelesaiJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen memastikan upaya untuk mendorong pencairan dana Otsus 2019, dipastikan sudah selesai. Dengan demikian dipastikan dalam waktu dekat, anggaran untuk triwulan pertama bakal segera turun.

“Sudah ada kepastian dari Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Muhammad Rumasukun, bahwa perjuangan untuk mencairkan dana Otsus di Kementerian Keuangan sudah usai”.

“Mudah-mudahan segera ditransfer dan tentunya akan langsung di distribusikan ke kabupaten dan kota,” terang ia di Jayapura, Kamis (18/07/2019) petang.

Menurut ia, tak hanya dana Otsus tahap pertama yang cair, namun anggaran tambahan infrastruktur pun segera ditransfer ke Papua. Dengan demikian, penyelenggaraan pembangunan venue untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020, akan bisa digenjot.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Papua Muhammad Musa’ad memastikan sekitar 38 persen dana tambahan Otsus untuk infrastruktur 2019, bakal diperuntukan membangun sejumlah fasilitas venue Pekan Olahraga Nasional XX 2020 mendatang.

Pengusulan tersebut sebelumnya, diakuinya, sempat menjadi salah satu penghambat proses pencairan dana Otsus 2019.

Sementara untuk pembagian dana Otonomi Khusus ke kabupaten dan kota pada tahun ini, mengalami penurunan dibanding tahun-tahun sebelumnya, meski porsi yang ditetapkan masih 80 persen.

“Porsi Otsus tahun ini kita sudah balik karena menunjang PON XX 2020. Intinya porsinya tetap sama 80 persen hanya saja urusan bersama jadi besar,” kata ia

Selain untuk membiayai urusan bersama dalam pembangunan fasilitas PON, berkurangnya nilai dana Otsus ke kabupaten dan kota dikarenakan adanya pengalihan pegawai negeri sipil dari kabupaten dan kota ke provinsi. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel