-->

Donatus Motte Harap Dana Desa Papua Digunakan Bangun Bumdes

Donatus Motte Harap Dana Desa Papua Digunakan Bangun BumdesJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Provinsi Papua memastikan dana desa di bumi cenderawasih lebih banyak digunakan untuk membangun Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Kendati demikian, dana desa juga digunakan untuk membangun pagar, usaha peternakan, perkebunan dan lainnya. “Tapi paling banyak bangun Bumdes,” terang Kepala BPMK Papua Donatus Motte, di Jayapura, kemarin.

Sementara terkait realisasi dana desa 2018 di provinsi paling timur Indonesia ini, sambung ia, secara keseluruhan sudah mencapai 100 persen dari total pagu Rp4,290 triliun. Sementara untuk pertanggungjawaban tahap I dan II dipastikan sudah rampung.

“Tinggal tahap III yang masih dalam proses finalisasi. Tapi saya sudah minta agar sebelum Maret 2019 ini, pertanggungjawaban wajib harus selesai,” terang ia.

Saat ini jumlah kampung di Papua mencapai 5.411, sehingga dengan besaran dana desa tahun ini, dpastikan setiap kampung paling sedikit terima Rp1 miliar. Dana desa tahun ini, dipastikan belum bisa cair karena masih dalam tahap perencanaan. Kendati demikian, pada Maret mendatang dana tahap pertama bakal bisa cair.

Sementara nilai dana desa 2019 disebut naik menjadi Rp5,237 triliun. Aparatur pemerintah terkait pun telah disiapkan guna melakukan pengawasan.

“Sehingga kini tinggal bagaimana niat dari para bupati, wali kota dan kepala badan keuangan untuk menyalurkannya,” kata ia.

Pihaknya pun mengingatkan BPMK kabupaten da kota agar rutin mengingatkan para tenaga pendamping untuk segera kembali ke tempat tugas masing-masing, guna mendampingi masyarakat dalam penggunaan dana desa itu. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel