-->

BPMK Ajak Warga Pegunungan Papua Buat Kebun Kopi

BPMK Ajak Warga Pegunungan Papua Buat Kebun KopiJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Papua mengajak seluruh warga bumi cenderawasih di wilayah pegunungan agar membuat kebun kopi di sekitar pekarangan rumahnya.

Dengan demikian diharapkan kedepan, seluruh warga dapat memiliki pendapatan serta meningkatkan ekonomi keluarganya.

Paling tidak jika belum bisa membuat sendiri mungkin dengan difasilitasi kepala kampung setempat, kemudian membuat kebun kopi bersama. Dari situ kemudian bisa dikelola secara bersama untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di kampung tersebut,” terang Kepala BPMK Papua Donatus Motte, di Jayapura, kemarin.

Ia pun mengimbau agar pemerintah daerah di wilayah pegunungan dapat mendukung serta memprakarsai pembuatan kebun kopi seluas dua hektar per kabupaten. Dengan demikian, kebun kopi tersebut diharapkan mampu menopang pendapatan daerah, sebab komoditi asal Papua ini sangat diburu masyarakat nusantara bahkan mancanegara.

“Yang pasti harapannya selain mendorong pertumbuhan ekonomi, harapannya bisa memenuhi permintaan kopi dari mancanegara maupun dalam negeri sendiri.”

“Sebab jujur, permintaan kopi dari Papua sangat luar biasa tinggi. Karena kopi Papua juga dikenal enak serta memiliki cita rasa tinggi. Sehingga sangat disayangkan bila tak dikembangkan,” tutur mote.

Ia mengaku sudah menyampaikan hal itu kepada sejumlah kepala daerah. Kendati demikian, hal ini perlu didorong oleh aparatur pemerintahan setempat serta kepala kampung.

“Karena kami di provinsi ini sifatnya hanya pengendalian saja. Tetapi uang semuanya ada di kampung,” tutupnya. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel