-->

Nurdin Abdullah Instruksikan Status Tanggap Darurat Hingga 29 Januari

Nurdin Abdullah Instruksikan Status Tanggap Darurat Hingga 29 Januari
SAPANANG, LELEMUKU.COM - Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah didampingi Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar melakukan peninjauan di lokasi terdampak bencana alam banjir bandang di Desa Sapanang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Jumat (25/1).

Lokasi ini termasuk salah satu yang terkena dampak terparah. Selain korban jiwa, sebagian rumah mereka rusak, bahkan ada yang hanyut. Demikian juga dengan persawahan warga, mengalami rusak berat.

Nurdin berharap langkah awal yang ditempuh adalah bagaimana masyarakat memiliki tempat tinggal untuk mengungsi dan logistik sampai kepada mereka. Pemprov Sulsel dalam hal ini melakukan kerjasama dengan TNI-Polri dan petugas pertolongan atau petugas gabungan.

Nurdin menyampaikan pihak pemerintah pusat, provinsi dan daerah berkolaborasi untuk mencarikan solusi.

"Pasca banjir ini, Pak Bupati, Provinsi dan pusat kita akan kolaborasi untuk menyelesaikan masalah yang ada," kata Nurdin Abdullah.

Untuk status tanggap darurat kata Nurdin Abdullah akan dilakukan hingga 29 Januari, karena melihat cuaca ektrem diprediksi hingga waktu tersebut.

"Mudah-mudahan setelah itu kita akan duduk sama-sama, siapa menanggung apa. Supaya masyarakat bisa normal kembali. Kemarin pemerintah pusat sudah memberikan kontribusi untuk penanganan darurat. Kita juga lagi membentuk peduli bencana untuk membantu, kita lihat kasus perkasus, dari 10 kabupaten yang merasakan dampak (terparah) adalah Gowa, Jeneponto," sebutnya.

Untuk kerugian saat ini masih dilakukan perhitungan. Sedangkan untuk perbaikan jalan, Nurdin menyampaikan bahwa saat ini juga telah turun tim bersama untuk melakukan pendataan dan upaya perbaikan, baik dari Balai Jalan Nasional,  Bina Marga,  Pemprov dan kabupaten untuk melakukan langkah cepat.

"Kalau Jeneponto saja butuh Rp100 miliar lebih, ini termasuk kerugian ternak, pertanian, rumah-rumah. Ini kita bicara kerugian (Rp100 miliar). Pokoknya pemerintah hadir, bencana ini adalah duka untuk kita semua, kita turut merasakan duka ini, tentu pemerintah hadir untuk ikut merasakan dan sekaligus memberikan solusi," ujar Nurdin.

Nurdin menambahkan, BNPB kemarin juga datang memberikan bantuan untuk logistik. Sementara itu, bantuan logistik terus mengalir.

"Tidak usah ragu, di Palu saja banjir logistik. Ini di kampung kita sendiri, tidak usah ragu. Ini kita mau rapat di rumah Pak Bupati," pungkasnya.

Sementara itu, update data 24 Januari 2019 Pukul 23.59 Wita yang diperoleh dari Olahan Posko Terpadu Bencana. Total sementara terlaporkan korban jiwa di Jeneponto sebanyak 10 Orang (laki-laki 6 orang, perempuan 4 orang), total sementara terlaporkan rumah
terdampak 190 Unit, hanyut 60 unit, rusak 130 unit).

Rasyid, salah seorang warga menceritakan saat air datang di dusun mereka.

"Waktu kejadian Pak itu air tidak pelan-pelan, lompat dari tanggul,  seperti tsunami. Jadi anak saya cepat saya kasih naik gunung. Jadi di bawah naik gunung.  Ada warga yang tidak sempat lari, jadi yang meninggal yang panik," sebutnya.

Rasyid menyebutkan selain warga yang meninggal, masih ada yang belum ditemukan. Sementara seluruh keluarganya selamat.

"Kejadiannya jam 1 siang (22 Januari) , kebanyakan pulang anak sekolah. Di sini satu dusun ada 500 kepala kepala keluarga," sebutnya.

Namun pada saat kunjungan sedang berlangsung kembali ditemukan korban jiwa.

"Sampai hari ini sudah ada 12 korban meninggal yang ditemukan. Terakhir ada yang ditemukan tadi pagi. Pencarian masih dilakukan karena masih ada tiga orang yang dicari,” kata Wakapolres Jeneponto, Kompol Zakaria.

Zakaria menyampaikan, telah mengerahkan 150 personel kepolisian, aparat TNI, Basarnas, BPBD dan lainnya dengan total 350 personel yang turun membantu warga di titik yang parah untuk pembersihan. (DiskominfoSandiSulsel)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel