-->

Diskominfo Papua Dorong Penyediaan Akses Internet Sekolah

Diskominfo Papua Dorong Penyediaan Akses Internet Sekolah
JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Papua tahun ini mendorong penyediaan akses internet di sekolah-sekolah, dalam upaya mendukung proses belajar mengajar, khususnya dibidang teknologi informasi.

Menurut Kepala Dinas Kominfo Papua, Kansiana Salle, kebijakan Presiden Joko Widodo sangat memberi andil besar untuk mendukung ketersediaan internet di seluruh bumi cenderawasih serta dengan harga yang relatif lebih murah.

Melalui proyek palapa ring yang diharapkan rampung tahun depan, pihaknya optimis upaya mendorong ketersediaan internet di sekolah, akan bisa teralisasi secepatnya.

“Sebab saat ini saja pemerintah pusat telah berkomitmen mempercepat pembangunan Palapa Ring Timur, sehingga di 2019 seluruh ibukota Kabupaten/kota di Papua telah bisa terhubung dengan fiber optik (FO) Microwave. Namun kita berharap kedepan provider pun bisa menyiapkan layanan berkualitas dan murah. Baik untuk menelepon maupun penyediaan data (internet) dan diharapkan mereka semua dapat berkompetisi secara sehat,” harap Kansiana.

Menurut nya, Pembangunan BTS di wilayah blankspot serta ketersediaan akses internet di sekolah, saat ini sudah cukup mendesak untuk dilakukan sehingga kedepan diharapkan Provinsi Papua mendapat kuota yang lebih banyak.

Karenanya, melalui kunjungan kerja Menteri Kominfo beberapa waktu lalu, yang juga melihat langsung pembangunan Palapa Ring di Kota Mulia Kabupaten Puncak Jaya serta Kasonaweja Kabupaten Mamberamo, diharapkan pembangunan BTS maupun akses internet di sekolah mampu diimplementasikan secara cepat.

“Sebab ketersediaan internet di Papua dapat pula membantu program pemberantasan korupsi terintegrasi di Kabupaten, yang selama ini terkendala karena ketiadaan akses internet yang memadai dan maksimal,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kominfo Papua Kansiana Salle memastikan dengan rampungnya pembangunan palapa ring, akses telekomunikasi di seluruh bumi cenderawasih bakal lebih optimal dibanding sebelumnya.

Sementara dengan dibangunnya proyek palapa ring di 23 ibu Kota Kabupaten di Papua, diharapkan selain mempermudah akses telekomunikasi, tetapi juga mampu menekan ongkos sewa internet kepada provider, sementara dari sisi kapasitasnya pun lebih ditingkatkan.

“Makanya, kita patut berterima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah membangun palapa ring di 23 Ibu Kota Kabupaten di Papua ini. Sebab dengan begitu, masyarakat pun bisa memanfaatkan akses telokomunikasi dan internet dengan lebih mudah lagi tetapi juga murah,” ucap dia. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel