Zeth Sahuburua Ajak Umat Beragama di MTB Tingkatkan Kerukunan - #Lelemuku | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Zeth Sahuburua Ajak Umat Beragama di MTB Tingkatkan Kerukunan

Zeth Sahuburua Ajak Umat Beragama di MTB Tingkatkan Kerukunan
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Maluku Zeth Sahuburua mengajak semua umat yang beragama di Kabupaten Maluku Tenggara Barat untuk meningkatkan kualitas kerukanan umat beragama sebagai upaya bersama untuk mengembangkan Maluku sebagai Laboratorium kerukunan umat beragama di Indonesia yang terbaik dan lebih dari itu Laboratorum kerukanan bergama di dunia.

"Di bulan yang penuh Rahmat ini, mari kita belajar untuk saling memahami, saling mempercayai, saling menghormati, saling mencintai, saling membanggakan, saling berbagi, dan saling menopang, sebagaimana patuah suci orang Maluku,, potong di kuku rasa di daging, ale rasa beta rasa, sagu salempeng dibagi dua. Dan dalam rangka itulah kita wujudkan momentum pilkada Damai demokratis dan berkeadaban dalam spirit hidup orang basudara, ” harapnya saat memberikan sambutan pada acara Safari Ramadhan yang digelar Pemerintah Provinsi Maluku dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) di Gedung Kesenian Saumlaki, Selasa (22/5) .

“Berdasarkan catatan dan data Litbang Kementerian Agama RI, Maluku masuk tiga besar Provinsi yang punya indeks kerukunan terbaik di Indonesia. Sedangkan menurut Setara Institut Kota Ambon dan Kota Tual masuk kategori 10 kota yang memiliki indeks kerukanan terbaik di indonesia," jelas dia.

Dikatakan puasa mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia karena puasa merupakan Ibadah yang bersentuhan langsung dengan upaya kita melakukan pengendalian diri dari hawa nafsu amara.

“Atas dasar itu dari realitas sejarah telah menunjukan bahwa semua manusia yang pernah hidup dan berjaya, apakah dia tokoh-tokoh besar ataupun rakyat jelata, sebuah bangsa atau Imperium yang pernah berdaya selama berabad-abad tahun lamannya, bisa hancur dan binasa, menjadi hina, dan karena itu dikuasai dengan hawa nafsu amarah," ungkap dia.
Lanjut Sahaburua, pada dasarnya nafsu merupakan fitra manusia karena dengan potensi akal dan nafsulah manusia bisa membangun peradaban, tetapi dengan nafsu dan akal pula manusia bisa menjadi makhluk yang paling buas dan hina.

"Oleh sebab itu ketidakmampuan kita mengendalikan nafsu amara ini dapat merusak semua potensi yang kita miliki dan menjadi sumber segala kerusakan sebagaimana pelbagai problematika yang kita hadapi dewasa ini, ” ujar Gubernur.

Melalui momentum acara buka puasa tersebut Sahuburua mengajak semua umat khususnya umat muslim di Kabupaten Maluku Tenggara Barat untuk menjalankan ibadah Puasa sebaik-baiknya agar dapat memaknai hikmat puasa dalam rangka pembentukan karakter diri dan keadaban bangsa.

Acara Safari Ramadhan 1439 /tahun 2018 Provinsi Maluku dan Pemkab MTB yang digelar tadi malam dengan sorotan tema, “ Aktualisasi nilai-nilai puasa untuk mengembangkan kasih sayang dan memperkuat ketahanan sosial sesama orang basudara dalam rangka mewujudkan Pilkada yang Damai, bermartabat dan Demokratis .”

Selain Plt Gubernur Sahaburua dan rombongan, acara safari Ramadhan yang digelar dengan penuh kebahagiaan itu dihadiri  Bupati Maluku Tenggara Barat Petrus Fatlolon dan Wakil Bupati Agustinus Utuwaly, Sekretaris Daerah Piterson Rangkoratat, Ketua MUI, Wakil Uskup Wilayah MTB, MBD, Kepala Kantor Wilayah Provinsi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten MTB, Kapolres MTB, Danlanal Saumlaki, Pimpinan dan Anggota DPRD MTB, dan sejumlah Pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat. (DiskominfoMTB)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment

Loading...
loading...