-->

Seleksi Calon Siswa SMA Siwalima di MTB Berjalan Lancar

Seleksi Calon Siswa SMA Siwalima di MTB Berjalan Lancar
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Provinsi Maluku Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd yang ditemui di Saumlaki, Rabu, (30/5) mengungkapkan, Seleksi Calon Siswa SMA Siwalima Ambon yang dilaksanakan di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) berjalan lancar.

“Khusus untuk Kabupaten MTB, seleksi dilakukan di dua tempat yaitu di Kota Saumlaki dan Kota Larat, ini dilakukan untuk mendapatkan calon siswa terbaik yang diharapkan masuk SMA Siwalima Ambon,” ungkap Leiwakabassy.

Materi yang diseleksi sebanyak tujuh mata pelajaran meliputi, Potensial Akademik, Matematika dan bahasa Ingris yang dilaksanakan pada hari pertama, sedangkan Biologi, Fisika dan Kimia, dilaksankan pada hari kedua.

“Ada dua macam tes yang kita lakukan untuk mendapatkan pengetahuan faktual, yaitu pengetahuan yang siswa sudah dapat selama mereka mengikuti proses belajar-mengajar di sekolah, dilakukan untuk mata pelajaran Matematika, IPA dan Bahasa Inggris, sedangkan  tes kedua adalah tes potensial atau potensi bawaan, yakni kamampuan siswa yang ditunjang kelengkapan sarana/prasana.” lanjut  Leiwakabassy.

Ditambahkan, kuota secara keseluruhan yang dibutuhkan tiap tahun untuk masuk pada SMA Siwalima Ambon adalah sebanyak 80 siswa yang disesuaikan dengan kapasitas atau daya tampung siswa pada sekolah tersebut.

Proses seleksi calon siswa Siwalima Ambon dilaksanakan pada sebelas kabupaten/kota di Provinsi Maluku. Khusus di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, proses selesksi berlangsung selama dua hari yaitu, tanggal 30 dan 31 Mei 2018. Kegiatan ini berjalan lancar tanpa menemui kedala yang berarti.

Ketika dihubungi melalui telepon selular, untuk mengkonfirmasi kapan akan dilakukan pengumuman hasil seleksi tersebut, Leiwakabessy menjawab, “hasil kelulusan akan diumumkan setelah selesai Hari Raya Idul Fitri Tahun 2018, karena keseluruhan data hasil seleksi baru akan terkumpul dari seluruh kabupaten/kota pada saat tersebut.”

Jumlah siswa yang masuk pada SMA Siwalima Ambon diharapkan akan terus bertambah tiap tahun karena tidak dipungkuri bahwa pendidikan adalah bidang pelayanan dasar yang harus ditingkatkan guna mencerdaskan kehidupan anak bangsa di Provinsi Maluku. (DiskominfoMTB)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel