Lantas Claus Sampaikan Pesan Keselamatan Berlalu Lintas di Saumlaki - Lelemuku.com | Media Pemberi Kabar dan Informasi yang Kritis, Obyektif, Akrab dan Bermartabat dari Maluku

Lantas Claus Sampaikan Pesan Keselamatan Berlalu Lintas di Saumlaki

SAUMLAKI, LELEMUKU – Beberapa pekan terakhir ini Kepolisian Resor (Polres) Maluku Tenggara Barat (MTB) melaksanakan kegiatan Lantas Claus di Kota Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kab MTB, Provinsi Maluku.

Menurut Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres MTB, AKP Marita Dyah Anggraini S.Ik kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan pesan keselamatan berlalu lintas menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

“Lantas Claus ini untuk memberikan pesan keslamatan berlalu lintas menjelang Natal dan Tahun Baru kepada masyarakat yang ada di Saumlaki, karena mobilitas masyarakat lebih tinggi dari pada hari-hari biasa. Contohnya mereka harus berbelanja, harus ke saudara atau mudik,” kata dia kepada Lelemuku.com saat ditemui di ruang kerjanya pada Kamis (21/12).

Ia menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya Preemtif dari Polres MTB untuk masyarakat.

“Preemtif ialah binaan kepada masyarakat, seperti kayak kegiatan Lantas Claus ini. Kami belum oprasi, ini kan menjelang Natal saja dan nantikan operasi kita akan jalan juga,” tambahnya.

Marita menyampaikan lewat kegiatan ini, pihaknya akan membagikan puluhan helm dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) sebagai kado Natal kepada masyarakat.

“Kami akan membagi-bagikan kado Natal kepada masyarakat yang bisa menjawab pertanyaan. Pertanyaannya tetap berkaitan dengan Lalu Lintas. Misalnya apa persyaratan membuat SIM, apa kepanjangan dari LLAJ, kalau  SIM D diperuntukan untuk siapa,” ungkap Kasat Lantas.

Dia juga mengungkapkan, tujuan dari pelaksanaan Lantas Klaus ini sekaligus juga ingin memperlihatkan sosok polisi yang humanis dan dekat dengan masyarakat.

“Saya lihat masyarakat senang dan antusias dengan kegiatan ini. Masyarakat lihat dan tanggapi kegiatan ini dengan ramai, Polisi naik truk dengan memakai atribut Natal, pasti jadi perhatian masyarakat. Dan masyarakat juga menyaksikan humanisnya polisi yang beda kalau dalam penegakkan hukum, yang sangar dan tegas,” kata Marita.

Kasat Lantas berharap lewat kegiatan ini kesadaran keslamatan dalam berkendara masyarakat jauh lebih tinggi sehingga mengurangi angka kecelakaan.

“Saya berpesan agar pengendara roda dua terus  memakai helm, membawah kelengkapan surat berkendara, harus tetap berhati-hati dalam berkendara dan bagi pengendara roda empat harap memakai seatbelt (sabuk pengaman),” harap dia.

Kegiatan Lantas Claus ini sudah dilaksanakan pada Kamis (21/12) di sekitar Pasar Omele Sifnana dengan melakukan 1 kali putaran patroli  kota dan akan dilanjutkan pada Sabtu (23/12) di depan Saumlaki Town Square (Satos) dan Pelabuhan Saumlaki. (Laura Sobuber)
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment