Gempa Bumi 5,7 SR di Laut Banda Dirasakan Hingga Tanimbar - Lelemuku.com | Media Pemberi Kabar dan Informasi yang Kritis, Obyektif, Akrab dan Bermartabat dari Maluku

Gempa Bumi 5,7 SR di Laut Banda Dirasakan Hingga Tanimbar

Gempa Bumi 5,7 SR di Laut Banda Dirasakan Hingga Tanimbar
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Gempa bumi tektonik dengan skala 5,7 richter guncang Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Kamis (30/11) pukul 08.53 WIT.

Meski guncangan kuat dan berada di tengah Taut Banda dengan koordinat episenter pada 6,85 Lintang Selatan dan 129,81 Bujur Timur, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Menurut Nawir M, Taher, petugas operasional Geofisika pada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Saumlaki gempa ini terjadi pada 199 km arah Barat Laut Kota Saumlaki, MTB dan 154 km Utara kota Tepa di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) pada kedalaman 160 km.

“Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas Subduksi Banda pada Weber Deep sebelah selatan. Dampaknya ini dirasakan warga Saumlaki pada skala II SIG-BMKG atau III MMI,” kata dia kepada Lelemuku.com.

Ia menyatakan meskipun gempa bumi terjadi di laut dengan kedalaman sumber yang menengah dan kekuatan yang cukup besar. Gempa bumi ini tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

Sementara itu,hingga malam hari ini sudah tidak ada aktivitas gempa susulan. (Albert Batlayeri)
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment