-->

DP3APPKB Luncurkan Rumah Oleh-Oleh Cemilan Khas Tanimbar

DP3APPKB Luncurkan Rumah Oleh-Oleh Cemilan Khas TanimbarSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku meluncurkan Rumah Oleh-Oleh Cemilan Khas Tanimbar pada Kamis (30/11).

Peluncuran yang dilaksanakan di Balai Pembinaan Umat Saumlaki oleh Wakil Bupati, Agusthinus Utuwaly ini disertai dengan panel diskusi bertema “Perempuan Penyumbang Ekonomi Kreatif Berbasis Pangan Lokal,” dan sub tema “Melalui rumah oleh-oleh cemilan khas Tanimbar kita wujudkan kemandirian perempuan MTB yang kreatif dan inovatif.” 

Dalam arahanya, Wakil Bupati menyampaikan bahwa perempuan adalah pelaku pembangunan yang perannya sangat dibutuhkan dalam perkembangan perekonomian.

 “Dalam satu dekade terakhir ini perempuan seolah menjadi bintang dalam upaya pengentasan kemiskinan. Berbicara mengenai ekonomi adalah juga berbicara mengenai perempuan, sebab kenyataannya perempuan adalah pelaku pembangunan yang perannya sangat dibutuhkan dalam perkembangan perekonomian,” kata dia.

Wabup juga sangat mendukung kegiatan ini karena selama ini MTB tidak memiliki toko atau kios oleh-oleh yang menjual cemilan khas MTB.

“Selama ini kita tidak memiliki toko atau kios oleh-oleh yang menjual cemilan khas MTBKita tidak mempunyai kios oleh-oleh bagi para tamu maupun orang-orang yang berpergian ke luar. Sekaligus ini bisa menjadi promosi bagi MTB dan meningkatkan pendapatan masyarakat,” lanjutnya.

Ia juga mengingatkan beberapa hal kepada prlaku usaha dan pendamping untuk memperhatikan secara serius peluang dari komoditi yang dapat dijual ke luar daerah, melihat bahan-bahan baku lokal yang potensial, mampu mengemas produk dengan kreatifitas dan membuka jaringan dan akses informasi, sehingga usaha ini dapat berkembang.

Selanjutnya Agusthinus juga mengucapkan terima kasih kepada ibu-ibu kelompok pemberdayaan perempuan yang telah menggagas  ide rumah oleh-oleh ini.

Dalam laporannya, Ketua panitia pelaksana, Mariana Sabono, SE  menyatakan tujuan kegiatan ini adalah menjadikan momentum pencanangan semangat pemberdayaan perempuan di MTB.

“Agar sosialisasi keberadaan rumah oleh-oleh  bagi pelaku usaha ekonomi kreatif maupun konsumen cemilan sehat di Kab MTB dapat terlaksana dan tersedianya ruang promosi bagi usaha oleh-oleh cemilan khas Tanimbar,”  jelasnya.

Selain Wabup Utuwaly kegiatan ini dihadiri oleh Forum koordinasi pimpinan daerah, pimpinan DPRD, Pimpinan SKPD, pimpinan organisasi vertikal, pengurus organisasi perempuan, kelompok pemberdayaan produksi Olahan Pangan, pemilik rumah atau kios oleh-oleh, Akademisi dan Praktisi perempuan.

Acara dilanjutkan dengan panel diskusi yang dipandu oleh Benny Naharawin, Pd.H dengan menghadirkan narasumber diantaranya Dr. Agusthina Risambessy, SE, MSi dari Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura, Kepala Bappeda MTB, dr.Juliana Katarina Ratuanak dan Kepala Dinas P3APPKB MTB, Selpie E. Hukubun, S.Sos. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel