-->

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Kabupaten Paniai

Informasi dan Berita Terbaru dari Kabupaten Paniai
Paniai adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Papua, Indonesia. Terletak pada ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Sebelumnya merupakan wilayah administratif dari Kabupaten Nabire. Namun seiring perkembangan pembangunan dan otonomi daerah dengan Undang-Undang OTSUS maka Kabupaten Paniai merupakan pemekaran dari Kabupaten Nabire.

Paniai pada zaman Belanda disebut Wissel Meeren, sesuai dengan nama tiga danau yang terletak disekitar pusat kota Enarotali. Danau ini ditemukan oleh seorang  pilot berkebangsaan Belanda, Wissel pada tahun 1938 (‘danau’ dalam bahasa Belanda disebut meer yang dalam bentuk jamak disebut meeren). Karena Wissel yang menemukan danau-danau tersebut maka kemudian dikenal dengan nama Wissel Meeren.

Berkunjung ke Kabupaten Paniai dapat ditempuh dengan mengikuti penerbangan perintis menggunakan jenis pesawat cesna maupun twin otter dari Nabire ke Paniai PP (pulang pergi) atau juga dapat ditempuh melewati jalur darat dengan kendaraan roda empat/minibus dengan waktu tempuh sekitar 18 jam.

Kehidupan sosial budaya dan adat masyarakat lokal Paniai yang didiami oleh dua suku besar yakni suku Mee dan suku Moni merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal, nusantara maupun mancanegara.

Danau Paniai yang terletak di distrik Paniai Timur memiliki panorama alam yang eksotik dan terjaga dengan baik. Keindahan danau Paniai diakui oleh utusan dari 157 negara ketika dilangsungkannya Konferensi Danau se Dunia yang dilaksanakan di India pada 30 November 2007. Luas danau Paniai mencapai 14.500 hektar memberikan cukup ruang kepada wisatawan untuk memilih spot/lokasi yang sesuai dengan keinginan mereka. Batuan dan pasir disepanjang pesisir danau serta tebing-tebing yang curam menambah daya tarik danau ini.
Berikut adalah artikel dari berita dan informasi terbaru dari Kabupaten Paniai :