-->

BBPOM Jayapura Sidak Uji Makanan dan Minuman Takjil di Distrik Abepura dan Heram

BBPOM Jayapura Sidak dan Uji Makanan dan Minuman Takjil di Distrik Abepura dan Heram

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Jayapura melakukan inspeksi mendadak (Sidak) pedagang kaki lima yang menjual makanan dan minuman takjil berbuka puasa di wilayah Waena, Distrik Heram,Kota Jayapura, Provinsi Papua. 

"Total 87 simple yang kami Rapid tes laboratorium, petugas saya sekarang lakukan pengujian dengan parameternya boraks (bahan pembersih,pengawet kayu, bahan solder dan antiseptik kayu), formalin (bahan pengawet dan pembunuh kuman), Rhodamin B (Zat pewarna kristal yang tidak berbau,) dan Kuning metanil ( zat pewarna kuning industri tekstil," ungkapnya Kepala BBPOM Jayapura Hermanto pada Kamis, 21 Maret 2024.

Ia menjelaskan, pihaknya telah melakukan uji sampel pedagang kaki lima dari tiga lokasi berbeda menggunakan mobil laboratorium BBPOM Jayapura, yakni sample di jalan baru pasar Youtefa, pasar cigombong dan Waena. Hasil 87 sampel tersebut tidak ditemukan makanan dan minuman takjil memakai bahan kimia.

"Simple yang di uji mulai dari makanan seperti  ayam bakar, ayam rica rica, ikan suir,minuman seperti minuman buah naga, apel, dan  kue, minuman lainnya Kita uji indikasi apakah ada kemungkinan bahan kimia  lewat Rapid tes semuanya negatif tanpa ada bahan kimia yang memicu kanker,"tegasnya

Hermanto menambahkan, patut bersyukur  karena simple yang diuji tidak di temukan bahan terlarang, namun BBPOM meminta para pedagang selalu menjaga produk baik dari segi kebersihan makanan dan minuman.

"Saya mengajak masyarakat selalu waspada dalam membeli makanan takjil  maupun membeli barang belanjaan di supermaket agar selalu mengecek kadaluarsa, cek kemasan dan cek iIn edar, bahkan di himbau jika ada informasi makanan kadaluarsa silahkan datang melaporkan ke kantor BBPOM Jayapura,” ajaknya. (Laura Sobuber) 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel