-->

Anthonius Ayorbaba Dampingi Ridwan Rumasukun Serahkan 5 Sertifikat Dari 112 Hak Cipta Milik OAP

Anthonius Ayorbaba Dampingi Ridwan Rumasukun Serahkan 5 Sertifikat Dari 112 Hak Cipta Milik OAP di Jayapura

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman, sehingga dapat mengurangi probabilitas kecelakaan kerja atau penyakit akibat kelalaian yang mengakibatkan menurunnya produktivitas dan kualitas kerja.

Kementerian Ketenagakerjaan melalui Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 244 Tahun 2024 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2024 yang jatuh pada 12 Januari 2024 lalu.

Sejalan dengan hal tersebut, Kementerian Ketenagakerjaan pada peringatan Bulan K3 tahun 2024 ini mengusung tema “Budayakan K3, Sehat dan Selamat Dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Papua, Anthonius M. Ayorbaba bersama seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) menghadiri upacara gabungan bersama seluruh pekerja dari sektor industri dalam peringatan Bulan K3 Nasional di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua. Selasa (27/02/2024)

Bertindak selaku inspektur upacara, Pj Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun menyampaikan sambutan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Dalam sambutannya Ia menyampaikan bahwa keberhasilan program K3 akan menekan kerugian serta meningkatkan kualitas hidup dan indeks pembangunan manusia.

“Keberhasilan program K3 akan menekan kerugian, meningkatkan kualitas hidup dan indeks pembangunan manusia, sangat membantu menunjang pembangunan nasional, peningkatan daya saing nasional untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan serta peningkatan daya saing nasional di era global” ucap Ridwan (27/2/2024).

Lebih lanjut, dijelaskannya bahwa Kemenaker telah melakukan berbagai upaya sebagai wujud implementasi pengawasan ketenagakerjaan dan pelaksanaan K3 secara nasional.

Dikatakan PJ Gubernur Papua perlu membangun Sinergi, Semangat kolaborasi dan Koordinasi harus dilaksanakan baik pada Tingkat Daerah dan Nasional dan Internasional pada Forum K3 yang strategis.

Ridwan Rumasukun berharap seluruh lapisan Masyarakat baik Masyarakat umum maupun industri, para cendikiawan, akademisi, K/L, oragnaisasi Profesi, Asosiasi serta pihak terkait lainnya dapat termotivasi untuk berperan aktif dalam peningkatan pemasyarakatan K3 sehingga tercipta pelaksanaan K3 secara mandiri dan dapat mendukung arah kebijakan K3 Nasional.

"Tadi kita sudah dengar bersama kurang lebih 21 Perusahaan dengan beberapa kategori yang diserahkan penghargaannya," Ujarnya.

Kemudian Rumaropen juga mengatakan selain penghargaan yang diberikan kepada Perusahaan juga diserahkan 5 (lima) Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual yang ditetapkan oleh Kanwil Kemenkumham Papua yang juga diserahkan oleh PJ Gubernur Papua.

Sertifikat yang diserahkan berupa Hak Cipta Individual diantaranya Karya Cita Wisata Alam 1000 Musamus Salor Indah & Wisata Alam Air Terjun Waf Sarak oleh Ardy Kristi Yepese berupa karya Fotographi, Blandina Ursula Ongge berupa karya seni Batik, Johanes Jouwe berupa karya seni lagu Nane Malco, Erni Novita Itje Djami berupa karya seni Batik dan Elsya Laura Wally berupa kuliner Kedai Roti Enggo.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan kegiatan Pameran UMKM dan juga Pasar murah, guna melihat sejauh mana dukungan perusahaan sebagai respon upaya mendorong kemajuan UMKM kita di Tanah Papua.

Kepala Kantor Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba, S.H.,M.Si usai menyerahkan 5 (lima) Surat Pencatatan kepada PJ Gubernur Papua mengtakan Keselamatan dan kesehatan kerja yang dilakukan di Provinsi Papua Kanwil Kemenkumham Papua juga diundang untuk menyerahkan 5 (lima) Surat Pencatatan Hak Cipta dan Merek bagi Masyarakat Papua yang sudah bekerjasama antara Kanwil Papua dan Pemprov Papua.

Ayorbaba berharap dari kerjasama yang baik bersama Pemprov Papua pada Tahun 2022, agar bisa dilakukan kembali di Tahun 2024 sehingga ada banyak Masyarakat yang tertolong baik untuk Hak Kekayaan Intelektual dan Perseroan Perorangan.

"Keselamatn, Kesehatan kerja menjadi prioritas utama tentu menjadi fokus dan perhatian kita semua sehingga capain kinerja birokrasi di Papua juga pelaku BUMN, Perhotelan, dan lembaga lain yang menggerakan kegaiatan semua harus memastikan keselamatan kerja itu yang terpenting," Tutupnya.

Turut mendampingi Kepala Kantor Wilayah, Zulyanzha Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Papua, JFT dan JFT dilingkungan Kanwil Kemenkumham Papua. (Humas Kemenkumham Papua)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel