-->

Mercon Jadi Penyebab Kebakaran Beberapa Tempat Usaha di Asano Abepura

Mercon Jadi Penyebab Kebakaran di Asano Abepura

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Jayapura, Provinsi Papua, Veronita Kirana menyampaikan telah terjadi kebakaran pada Senin,1 Januari 2024. Ia mendapatkan laporan via WA pada pukul 19.45 WIT, dimana kebakaran terjadi di RT 01/RW I Kelurahan Asano, Distrik Abepura. 

Obyek yang terbakar, diantaranya 5 rumah kos,1 usaha las dan 1 petak usaha mie ayam. 

"Semua lokasi merupakan milik Bapak Budi Haryadi dan Ibu Aisyah," sebut dia. 

Veronita menyatakan, menurut saksi yang juga pengelola usaha mie ayam, Panggabean bahwa api berasal dari mercon yang jatuh di atas salah satu kamar tempat usahanya. Namun pemilik langsung meninggalkan tempat usaha, karena tidak berpikir akan terjadi kebakaran dan menduga hanya bunyi lemparan di atas bangunan. 

Kemudian tercium bau api yang seketika menjadi api besar dan merambat ke bagian atap bangunan di belakangnya ( jajaran rumah kos-kosan) dan merambat hingga ke bangunan bengkel las. 

Lanjutnya, api dapat dikendalikan pukul 21.15 WIT dilanjutkan dengan pembasahan secara total dengan menurunkan 2 water canon (penyemprot) milik Pemda Kotq Jayapura dan 2 mobil suplay dibantu 2 AWC milik Brimob dan Polresta dan 1 unit damkar milik TNI-AL.

"Tidak ada korban jiwa, ditaksir kerugian mencapai  ratusan juta rupiah," ujar Veronita. 

Ia mengungkapkan berbagai kendala yang dihadapi, yaitu akses untuk memotong perambatan api, bangunan yang saling menempel dan berbahan dasar mudah terbakar serta terdapat tabung oksigen dan BBM 

"Personil turun kabid damkar, kasie Sarpras, para danru dan anggota piket dari pos  sektor Abe/Youtefa, Mako dan Pos Sektor Distrik Japsel," ungkap Veronita. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel