-->

Hendritte Tandiyono Hadiri Seminar Akhir Tahun Penyusunan Kajian Kemanfaatan Dana Desa/Kampung

Hendritte Tandiyono Hadiri Seminar Akhir Tahun Penyusunan Kajian Kemanfaatan Dana Desa/Kampung

TIMIKA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Papua Tengah, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika menggelar Seminar Akhir Penyusunan Kajian Kemanfaatan Dana Desa/Kampung di Kabupaten Mimika Tahun 2023. Bertempat di Ruang Rapat Bappeda, pada Selasa (28/11/2023) di Timika.

Mewakili Bupati Mimika, Asisten Bidang Administrasi Umum, Hendritte W. Tandiyono, S.E., M.M., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Undang-undang RI Nomor 25 Tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008, mengamanatkan agar Bupati/Walikota melakukan evaluasi terhadap perancanaan pembangunan daerah yang meliputi kebijakan perencanaan pembangunan daerah, pelaksanaan rencana pembagunan dan hasil rencana pembangunan daerah. 

"Salah satu kritik terhadap sistem perencanaan dan penganggaran pada masa lampau adalah terlalu menitikberatkan pada dimensi input, kelemahan itu yang kemudian coba untuk dikoreksi dengan pendekatan output based yang lebih melihat pada seberapa besar keluaran yang akan di hasilkan," ungkap Hendritte. 

Koreksi ini lebih menekankan pada kinerja bukan terbatas pada keluaran melainkan juga pada hasil dan dampak yang dikaitkan dengan struktur manajemen pemerintahan. Dengan adanya koreksi ini, komponen evaluasi dapat dilakukan untuk mengukur kinerja pembangunan melalui indikator input, output, outcome atau inpact. 

Evaluasi kegiatan dilakukan guna mengetahui gambaran suatu program kegiatan pada suatu waktu tertentu, sehingga dapat diketahui sejauh mana relevensi antara perencanaan yang dibuat dengan sasaran yang akan dicapai. 

Hendritte berharap evaluasi ini dapat memberikan pembelajaran mengenai hal-hal yang perlu dilakukan di masa yang akan datang. 

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasikan dan kegagalan dalam pelaksanaan kegiatan yang di biayai melalui dana desa dan dana alokasi desa agar dapat menyentuh hak-hak dasar masyarakat yang tersebar di Kabupaten Mimika. 

Sasaran dari kegiatan ini adalah memetakan masalah dan kendala dalam proses pelaksanaan program kegiatan pada pengelolaan keuangan kampung secara menyeluruh. Perumusan alternatif pemecahan masalah dan kendala dalam melaksanakan program kegiatan pengelolan keuangan kampung. Terjalinnya koordinasi lintas OPD dan lintas pelaku untuk percepatan capaian target program kegiatan pada pengelolan keuangan kampung. Tersedianya dokumen evaluasi pelaksanaan program kegiatan pada pengelola keuangan kampung secara priodik. 

Menutup sambutannya, Asisten Bidang Administrasi Umum berharap, agar OPD yang hadir dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi pambangunan di Kabupaten Mimika sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Tak lupa Hendritte juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim dari Pusat Kajian Ekonomi dan Pembangunan Daerah, Universitas Cenderawasih atas kerjasama yang terjalin selama ini. (Diskominfo Mimika)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel